Penggunaan waterproofing untuk melindungi serta merawat bangunan supaya awet masih menjadi prioritas bagi sebagian orang. Ada berbagai jenis waterproofing yang digunakan, salah satunya ialah waterproofing membrane bakar. Mungkin beberapa orang masih asing dengan istilah membrane bakar, jadi mari kita bahas terlebih dahulu mengenai istilah ini.

Apa Itu Waterproofing Membrane Bakar?

Untuk pengertian waterproofing sendiri, tentu saja sudah banyak yang paham. Yaps, waterproofing memiliki maksud kedap air atau tahan air. Apabila diaplikasikan pada bangunan, waterproofing ini berguna untuk menjaga atau melindungi struktur bangunan dari air. Terutama pada saat musim hujan yang terkadang air dapat masuk ke dalam bangunan.

Itu tadi pengertian dari waterproofingnya saja, lalu untuk membrane bakar ini apa maksudnya? Membrane bakar merupakan salah satu jenis dari waterproofing. Berdasarkan bahan penyusunnya, membrane bakar anti bocor ini terbuat dari bahan dasar fiber dan polyester.

Metode waterproofing membrane bakar, Sumber: morillo.co.id
Metode waterproofing membrane bakar, Sumber: morillo.co.id

Material membrane berbentuk lembaran yang digulung, nantinya lembaran tersebut akan dibakar saat pemasangannya. Pada saat proses pengaplikasiannya, material membrane akan dibentangkan pada lokasi yang diinginkan. Kemudian material waterproofing tersebut disemburkan api menggunakan sebuah alat.

Karena proses pengerjaannya perlu hati-hati dan teliti, tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Anda membutuhkan jasa waterproofing membrane bakar yang profesional untuk pengerjaannya.

Kelebihan Waterproofing Membrane Bakar

Bagi Anda yang belum menggunakan waterproofing untuk melindungi bangunan dari air, maka sudah waktunya Anda memikirkannya. Bangunan Anda akan lebih awet dan tahan lama apabila dilapisi oleh lapisan tahan air.

Terlebih bagi bangunan yang sering sekali mengalami kebocoran atap saat musim hujan, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan waterproofing. Anda bisa menggunakan waterproofing membrane bakar untuk melindungi atap dari kebocoran.

Membrane bakar ini terpasang melekat pada beton yang tidak bisa tertembus air, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan material anti bocor ini. Kualitas baik dari material membrane bakar membuatnya dapat bertahan disegala kondisi cuaca.

Bahkan cuaca ekstrim sekalipun, ia mampu bertahan. Baik itu saat musim hujan yang dingin ataupun musim kemarau dengan terik matahari yang panas. Selain itu jenis waterproofing ini juga tahan terhadap serangan jamur, lumut hingga bahan kimia.

Pengerjaan waterproofing membrane, Sumber: hargabahanmaterial.com
Pengerjaan waterproofing membrane, Sumber: hargabahanmaterial.com

Bahkan banyak pemilik gedung-gedung bertingkat yang memilih menggunakan membrane bakar ini. Hal itu disebabkan karena material membrane bakar tahan terhadap benturan ataupun tekanan berat dari gedung bertingkat. Sehingga apabila terjadi keretakkan ataupun rembesan air dapat langsung diatasi menggunakan membrane bakar ini.

Jadi penggunaan waterproofing membrane bakar ini bisa digunakan untuk mencegah ataupun mengatasi kebocoran bangunan. Baik itu dibagian atap ataupun dak bangunan yang terbuat dari beton. Jenis waterproofing ini sangat cocok diaplikasikan pada bangunan Anda yang sering bocor terutama bagian atap pada saat musim hujan tiba.

Kenapa Menggunakan Jasa Waterproofing?

Mengapa harus menggunakan jasa waterproofing untuk pemasangan membrane bakar? Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pemasangan material ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh kehati-hatian dan ketelitian, jika tidak maka hasilnya tidak bisa maksimal. Bahkan bisa terjadi kebocoran jika pemasangan waterproofing ini salah.

1. Pengerjaan oleh Tenaga Profesional

Salah satu hal yang menyebabkan pemasangan membran bakar gagal ialah tenaga pemasangannya tidak profesional dan kurang pengalaman. Terjadinya kebocoran setelah pemasangan waterproofing merupakan sebuah kekhawatiran tersendiri.

Anda sudah mengeluarkan biaya dengan harapan bangunan tidak mengalami kebocoran, namun ternyata pemasangannya gagal. Jadi untuk meminimalisir kegagalan yang terjadi, Anda memerlukan bantuan dari jasa waterproofing terpercaya yang memiliki tenaga profesional.

Ketika Anda memilih jasa waterproofing yang tepat, maka risiko kegagalan tersebut dapat dihapuskan dari kekhawatiran Anda.

2. Dapat Menghemat Waktu

Setiap orang tentu saja memiliki kesibukan masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan. Oleh sebab itu menggunakan jasa waterproofing untuk membantu Anda menghemat waktu merupakan pilihan yang tepat. Bangunan Anda bisa lebih awet dan terlindungi dari kebocoran, meskipun Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu.

Anda tidak perlu bingung-bingung lagi, karena jasa waterproofing akan membantu mewujudkan bangunan yang awet dan tahan lama. Proses pengerjaannya juga tidak membutuhkan waktu lama, mengingat tenaga profesional yang mengerjakannya. Jadi Anda tidak memerlukan waktu lama untuk menikmati bangunan yang bebas dari kebocoran.

3. Hasil Sesuai yang Diharapkan

Hasil dari pengaplikasian membrane bakar akan sesuai dengan yang Anda harapkan. Penyedia jasa waterproofing akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Sehingga Anda tidak perlu takut dengan hasil akhir dari pengerjaan tersebut.

Mulai dari pemilihan material hingga proses pengaplikasian, jasa waterproofing akan memberikan yang terbaik untuk Anda. Jadi Anda tidak merasa rugi karena telah mengeluarkan biaya untuk mengaplikasikan waterproofing pada bangunan.

Kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama bagi setiap jasa waterproofing. Namun pemilihan jasa yang tepat juga diperlukan. Bukan tidak mungkin ketika Anda memilihnya secara asal-asalan akan mendapatkan jasa waterproofing yang abal-abal.

Jadi pastikan bahwa jasa yang Anda pilih terpercaya, resmi, dan memiliki tenaga profesional dan berpengalaman.

Material dari membrane bakar, Sumber: bangunan.web.id
Material dari membrane bakar, Sumber: bangunan.web.id

4. Mendapatkan Garansi

Pengerjaan yang dilakukan oleh sembarang orang memang menjadi salah satu penyebab kegagalan pemasangan membran bakar. Namun bukan berarti tidak ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Kualitas dari waterproofing yang tidak sesuai atau kurang bagus, pemilihan jenis waterproofing yang tidak sesuai, atau bahkan terjadi kesalahan teknis saat proses pengerjaan.

Hal-hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab kegagalan pemasangan waterproofing. Bukan berarti risiko kegagalan tidak bisa terjadi ya. Oleh sebab itu Anda membutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya ialah mendapatkan jaminan garansi dari pihak penyedia layanan waterproofing.

Jadi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada masa garansi, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Karena nantinya pihak dari jasa waterproofinglah yang akan menangani hal tersebut. Inilah salah satu bentuk komitmen yang ditujukan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen.

5. Harga Kompetitif

Ketika Anda memilih jasa waterproofing yang tepat, maka harga yang ditawarkannya juga merupakan harga terbaik. Harga yang ditawarkan kepada Anda sudah meliputi pengerjaan hingga berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan. Jadi harga yang ditetapkan juga dapat bersaing dipasaran.

Ketika Anda menggunakan jasa waterproofing, bukan hanya dari segi harga terjangkau saja yang Anda lihat. Namun kualitas pengerjaan serta keprofesionalannya juga tidak luput dari penglihatan. Jadi Anda bisa puas ketika mendapatkan harga yang kompetitif serta pelayanan yang memuaskan dengan hasil terbaik.

Metode Waterproofing Bangunan

Selain metode membrane bakar, ada berbagai metode waterproofing lainnya yang bisa digunakan untuk melindungi bangunan dari kebocoran. Berikut metode waterproofing bangunan lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Integral Waterproofing

Integral waterproofing merupakan metode waterproofing yang mencampurkan cairan anti air seperti acrylic dan sejenisnya pada beton, sehingga nantinya menyatu dalam beton. Metode yang satu ini bisa membantu mempermudah serta mempersingkat waktu pengerjaan proyek.

Integral waterproofing ini bisa digunakan sampai 10 bahkan 15 tahun pemakaian. Apabila beton mengalami retak atau keropos maka bisa timbul kebocoran. Namun kebocoran tersebut dapat mudah  ditangani dengan metode injeksi grouting atau polyurethane.

2. Coating Waterproofing

Coating waterproofing merupakan metode waterproofing yang menggunakan cat pelapis berbahan polimer, cat pelapis ini bisa melindungi beton dari cairan agar tidak meresap ke dalam. Bisa digunakan untuk melindungi dinding, bak, tanki, bahkan juga bisa diaplikasikan pada permukaan kayu.

Apabila menginginkan perlindungan yang lebih kuat, maka bisa menggabungkannya dengan bahan polyester untuk melindungi permukaan yang diinginkan. Untuk proses pengerjaannya hampir sama dengan proses pengecatan, yakni menggunakan kuas atau rol.

3. Metode Waterstop

Waterstop merupakan salah satu metode dari waterproofing yang pelaksanaannya dengan meletakkan waterstop pada sambungan beton. Sehingga nantinya tidak ada cairan yang merembes dan meresap ke dalam. Waterstop ini penting sekali diaplikasikan pada sebuah bangunan yang memiliki lantai basement yang langsung terhubung ke tanah ataupun air.

Penggunaan waterstop ini penting, karena pada setiap sambungan beton memiliki risiko yang tinggi terhadap kebocoran. Sehingga penggunaan waterstop ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk meminimalisir terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Metode membrane bakar dikerjakan oleh tenaga profesional, Sumber: tahapan.id
Metode membrane bakar dikerjakan oleh tenaga profesional, Sumber: tahapan.id

4. Flashband Self Adhesive

Flashband self adhesive merupakan sebuah metode waterproofing dengan cara melekatkan flashband berbahan karet, membran polyester, aluminium foil dan lapisan cat penutup. Untuk aluminium foil nantinya berguna untuk menahan kebocoran, lalu untuk polyester berguna sebagai perekat.

Pada pengerjaannya, metode ini membutuhkan 2 kali proses pelapisan. Untuk proses pelapisan pertama digunakan sebagai perekat. Kemudian untuk proses pelapisan kedua digunakan untuk menahan kebocoran. Sehingga nantinya air tidak bisa merembes masuk.

Jika Anda ingin memasang waterproofing untuk melindungi bangunan, maka Anda perlu meminta bantuan dari jasa waterproofing profesional. Untuk itu Anda bisa menggunakan jasa waterproofing dari PT. Sinergia Bhakti Persada. PT. Sinergia Bhakti Persada merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin membuat bangunan terhindar dari kebocoran.

Dengan menggunakan jasa waterproofing dari PT. Sinergia Bhakti Persada, bangunan usaha ataupun bangunan pribadi Anda akan tetap kuat, aman dan nyaman. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa kami, karena kami memiliki tenaga ahli yang handal dan profesional dalam pengerjaan waterproofing.


0 Comments

Leave a Reply