Meskipun bukan tidak berprofesi sebagai pekerja konstruksi, mengetahui sedikit informasi mengenai beberapa pekerjaan konstruksi bisa bermanfaat juga. Karena bisa membuat kita mengetahui gambaran apabila suatu ketika kita membutuhkan untuk merenovasi bangunan milik pribadi atau saat-saat penting lainnya. Nah, berikut ini informasi terkait manfaat waterproofing pada bangunan.

Pengertian Waterproofing

Waterproofing adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat sebuah objek menjadi tahan atau kedap terhadap air. Sebuah konstruksi bangunan biasanya menggunakan lapisan material konstruksi bangunan waterproof untuk melindungi dan menjaga ketahanan struktur bangunan tersebut. Ruangan yang umumnya diberi lapisan waterproof adalah ruangan basement, atap dan area basah lainnya. Air dapat masuk ke ruangan bawah tanah atau basement melalui engsel, dinding atau lantai. Jika tidak dilindungi dengan sempurna, bangunan Anda akan mengalami kerusakan karena air.

Pengaplikasiannya dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya :

  1. Menggunakan kuas atau roll
  2. Menggunakan trowel, roskam atau spatula
  3. Menggunakan mesin spray (airless atau air compress)
Metode Waterproofing Coating Pada Konstruksi Bangunan (sinergia.id)

Metode Waterproofing Coating Pada Konstruksi Bangunan (sinergia.id)

Jenis Jenis Waterproofing

1. Waterproofing Membran

Membran merupakan tipe Waterproofing yang pertama kali dikembangkan. Produk ini dapat berfungsi Waterproof jika aplikasi produk tidak terdapat kelalaian. Perlindungan ini menggunakan membran atau lembaran yang terbuat dari karet terhadap permukaan struktur. Biasanya dipergunakan untuk struktur dak atau atap beton. Lembaran membran di susun sesuai dengan keperluan seluruh permukaan struktur yang dilindungi. Waterproofing dengan jenis membran terbuat dari bahan monomer kimia, etilena, propilena yang dicampur dengan bahan karet.

2. Waterproofing Coating

Merupakan perlindungan rembesan dengan menggunakan bahan polimer berbentuk bahan cat untuk menutup permukaan struktur yang dilindungi. Umumnya digunakan untuk perlindungan dinding, bak, tanki dan juga dapat dipergunakan untuk perlindungan terhadap permukaan kayu. Untuk permukaan luas dan perlindungan yang lebih kuat dapat menggabungkan bahan polyester pada permukaan yang dilindungi.

3. Waterproofing Integral

Integral Waterproofing adalah sebuah jenis waterproofing atau jenis pekerjaan waterproofing yang memiliki tujuan menciptakan beton kedap air atau menciptakan beton watertight dan salah satunya pada struktur basement agar basement tidak bocor oleh penetrasi air tanah, atau kolam, bak penampungan air dan ground watertank tidak bocor baik dari sisi dalam ke luar ataupun sebalinya air tanah masuk kedalam struktur.

Demikian beberapa ulasan terkait manfaat waterproofing dan beberapa metode waterproofing. Semoga bisa menambah pengetahuan dan simak ulasan menarik terkait konstruksi bangunan lainnya di sinergia.id.


0 Comments

Leave a Reply