Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan seperti sekarang ini adalah bisnis properti. Sebagai contoh dari bisnis tersebut ialah dengan membangun bisnis hotel bila memiliki lahan di tengah kota atau dekat dengan destinasi wisata. Jika lingkungan tempat tinggal berada di sekitar persekolahan atau kampus maka mambangun kos-kosan adalah ide cemerlang. Dan artikel ini membahas tips membangun kos-kosan yang penting untuk diketahui.

Jogja sebagai pusatnya pendidikan dan berdiri banyak universitas dan sekolah tinggi maka peluang bisnis persewaan kamar kos sangat luas. Banyaknya mahasiswa dari berbagai kota yang mendatangi Jogja pasti banyak yang mencari – cari kos – kosan.

Tips Membangun Kos - kosan
Kos kosan sangat laku jika di tawarkan dengan harga terjangkau. Sumber Unsplash

Sebagian besar para pencari kos biasanya melihat harganya yang terjangkau dan fasilitasnya juga baik. Oleh karena itu sebagai calon pengusaha indekos harus tahu cara untuk membangun kos – kosan dengan harga sewa terjangkau. Berikut ini terdapat beberapa tipsnya. Silahkan disimak baik – baik.

Berkonsultasi Kepada Ahli

Sebelum membuat kos – kosan alangkah baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Komunikasikanlah tentang rancangan, biaya pembangunan hingga biaya sewa nantinya sehingga mengetahui kriteria bangunan untuk bisnis yang ideal. Seorang yang ahli pasti mampu menjawab pertanyaan seperti itu. Jadi, jangan sungkan – sungkan atau malu untuk bertanya. Apabila hal itu dapat menunjang peluang di masa depan.

Biasanya untuk bertanya perihal properti terdapat suatu forum atau komunitas tertentu. Sehingga dapat berdiskusi dengan leluasa, baik secara online ataupun offline. Setelah diketahui semuanya maka tinggal eksekusi untuk membangun secara bertahap. Sesuaikan dengan budget yang tersedia. Misalnya budget belum bisa menutup semua pembangunan kos, anda bisa membangun sebagian dahulu. Lalu bukalah kos – kosan, laba dari hasil uang kos bisa dijadikan modal untuk menambah unit kos – kosan lagi. Cukup sederhana bukan?

Buatlah Denah Ruang Kos – kosan

Untuk tips yang selanjutnya adalah dengan membuat denah kos. Tujuan dari dibuatnya denah kos – kosan ini sebagai langkah awal gambaran dari bangunan yang akan dibuat. Selain itu juga dapat mengetahui detail bangunan atau ruangan. Misalnya saja jika memiliki lahan dengan luas tanah 12 x 30 meter tentu akan sangat sayang sekali jika dibuat 10 kamar.

Sebenarnya dapat dibuat lebih, yakni sekitar 17 kamar. Ditambah lagi jika pembangunan dilanjutkan dengan ditingkat. Tentu akan dua kali lipat bangunan kos yang dibuat, yakni 35 kamar. Hal ini akan meningkatkan profit yang nantinya akan diterima. Yang perlu diperhatikan adalah struktur bangunan bertingkat tahan gempa harus benar-benar di terapkan.

Perhitungkan Biaya Pembangunan Kos

Memperhitungkan biaya pembangunan kos merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan. Lantas bagaimanakah cara mengetahui harganya? Jawabannya adalah dengan bertanya kepada kontraktor atau seseorang yang sudah lebih dahulu membangun bisnis kos – kosan. Sebagai contoh, anda sudah mengetahui biaya pembangunan sebesar Rp 3.000.000 per m2 dan sudah mencakup keseluruhan termasuk upah tenaga kerjanya. Lantas, hitunglah luas bangunannya.

Untuk bangunan sebelah kanan dan sebelah kiri ditotal, misal 300 m2. Kemudian biaya kos – kosan dihitung dengan luas per m2 dikalikan harga per m2. Jadi, 300 m2 x Rp 3.000.000 = Rp. 900.000.000 (sembilan ratus juta rupiah). Jadi biaya per bangunan tinggal luas per kamar dikalikan Rp 3.000.000. Berapapun uang yang diperlukan, sebenarnya membangun aset berupa bangunan untuk disewakan tidak akan rugi, jikapun tugi pasti presentasinya kecil sekali.

Tips Membangun Kos - kosan
Kos-kosan eksklusif diminati kalangan atas. Sumber Unsplash

Untuk kemudahannya sebenarnya anda bisa memilih jasa kontraktor terpercaya di kota anda untuk membangun bangunan kos tanpa ribet. Dengan jasa kontraktor tentu anda tidak perlu bersusah payah menyediakan material dan tenaga pekerja bangunan. Jadi tinggal mengkomunikasikan apa yang menjadi keinginan anda dan menyediakan dana yang cukup maka impian mendapatkan bangunan kos-kosan akan segera terwujud.

Jadi, itulah beberapa tips membangun kos-kosan dengan harga terjangkau. Semoga dapat membantu bagi para pemula yang ingin merintis usahanya di bidang properti. Jika masih membutuhkan panduan, anda bisa menghunungi PT Sinergia, sebuah perusahaan kontraktor bangunan, jasa anti rayap dan jasa waterproofing Jogja yang berpengalaman dalam menangani pebangunan gedung baik bangunan hunian maupun bangunan publik.


0 Comments

Leave a Reply