Saat ini, peluang bisnis hotel menjadi sangat menjanjikan. Terutama jika bangunan usaha bisnis hotel berada di tempat – tempat strategis atau daerah tujuan wisata. Sebagai contohnya adalah daerah Jogjakarta. Sebagai tempat destinasi wisata tentunya banyak wisatawan yang berkunjung. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kehadirannya yang tidak hanya sehari bahkan hingga berhari – hari, pasti membutuhkan tempat menginap. Meskipun terdapat berbagai alternatif, namun hotel masih tetap menjadi pilihan. Peluang emas ini tentu meningkatkan jumlah pebisnis dalam bidang properti, yaitu hotel. Berikut ini terdapat beberapa informasi pentingnya.

Manfaat Hotel

Apabila ingin berkecimpung dalam dunia bisnis hotel tentu anda harus mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Mengenai fungsi dari hotel sendiri merupakan sebagai tempat menginap sementara. Akan tetapi, dengan adanya pesatnya perkembangan zaman fungsinya lebih dari itu. Maksudnya adalah hotel dapat difungsikan sebagai peluang bisnis, seperti tempat untuk meeting, seminar, workshop, resepsi pernikahan, tempat perlombaan, pameran dan lain sebagainya. Jadi, hal itu menandakan bahwa hotel dapat digunakan untuk apa saja.

City Hotel, sumber ig hotel_grauerbaer
City Hotel, sumber ig @hotel_grauerbaer

Fleksibelnya hotel sebagai tempat untuk berbagai acara tentu mengharuskan ruang atau bangunan dengan desain yang fleksibel juga. Sehingga bisnis hotel dapat berjalan dengan lancar. Pada desain bangunan hotel yang fleksibel dibutuhkan seorang perancang yang ahli atau arsitek andal. Sebab arsitek tersebut dapat membuat desain yang fleksibel sesuai dengan keinginan sang pemilik. Selain itu, juga dapat saling berdiskusi mengenai sarana serta prasarana yang cocok untuk ruangan pada hotel nantinya.

Peran Hotel

Pada bidang pariwisata hotel berperan penting di dalamnya. Jasa penginapan yang ditawarkan membantu para wisatawan yang datang. Keterkaitan dengan dunia pariwisata hotel tentu sangat erat kaitannya. Hotel sendiri merupakan sarana pokok. Dalam bidang pariwisata istilahnya yaitu main tourism superstructures. Jadi, eksistensi hotel bergantung pada jumlah kedatangan tamu yang memesan ruang di hotel.

Industri pariwisata menjadikan menjamurnya bisnis – bisnis hotel baru di tengah masyarakat tanah air. Hal ini tentu memberikan dampak bagi lingkungan. Salah satunya adalah peningkatan jumlah pendapatan di masyarakat setempat. Ibarat sebuah bangunan maka pariwisata merupakan tiang penyangganya. Artinya mampu untuk menopang ekonomi bangsa ini. oleh karena itu berbagai infrastruktur harus dibangun atau diperbaharui, agar nantinya wisatawan mudah untuk mengaksesnya.

Motel, sumber ig obscurist_tourist
Motel, sumber ig @obscurist_tourist

Khusus untuk bisnis hotel, para perintis atau pebisnisnya juga harus mampu menjalin relasi – relasi dengan pihak lainnya. Karena dengan adanya relasi tersebut akan mendatangkan suatu keuntungan besar. Hotel akan semakin dikenal dan dijadikan rekomendasi bagi para pihak lain yang berhubungan baik dengan anda.

Jenis Hotel

Berdasarkan lokasinya, hotel ternyata berbeda-beda. Perbedaan lokasi ini juga menentukan, bagaimana fungsi hotel untuk masing-masing tempat. Karena tidak setiap kosumen hotel memiliki agenda yang sama saat memilih untuk menginap di hotel berikut beberapa jenis hotel berdasarkan lokasinya.

1. City Hotel

City Hotel adalah hotel yang paling banyak dijumpai. Di Kota-kota besar terutama di pusat keramaiannya, biasanya diantara gedung-gedung megah yang ada, terdapat salah satunya bangunan hotel. City Hotel pemanfaatannya cenderung singkat, bahkan terkadang hanya sekedar transit meletakkan barang bawaan saat ingin menghadiri agenda.

Pada City Hotel ini juga biasanya terdapat ruang seminar dan restoran. Meskipun tempat menginap, penggunaan City Hotel juga sering untuk mengadakan event besar. Selain itu adalah pengunjung yang ingin menikmati makanan berkualitas dan berbintang di restoran yang terdapat di City Hotel.

Resort, sumber ig enjoying_travelling
Resort, sumber ig @enjoying_travelling

2. Motor Hotel

Motor Hotel juga hotel yang dimanfaatkan untuk transit, tetapi berbeda dengan City Hotel. Motor Hotel atau juga disebut Motel, digunakan untuk beristirahat saat melakukan perjalanan untuk melanjutkan perjalanan kembali setelahnya. Sehingga, lokasi Motel memang di area perjalanan panjang yang menghubungkan antar kota atau antar provinsi.

3. Resort Hotel

Resort Hotel adalah hotel yang keberadaan dekat dengan lokasi wisata. Manfaatnya memang untuk memudahkan para wisatawan menikmati obyek-obyek wisata yang ada disekitarnya. Biasanya Resort Hotel terdapat di pantai, bukit, pulau dan sejenisnya.

Itu dia beberapa informasi untuk memahami sedikit tentang hotel dan bisnisnya. Simak berbagai ulasan konstruksi bangunan lainnya di sinergia.id.


0 Comments

Leave a Reply