Mendirikan bangunan untuk usaha bisnis anda tentu membutuhkan suatu kriteria. Pada masing – masing kriteria tersebut juga akan disisipkan ide atau keinginan bangunan impian yang diharapkan. Oleh sebab itu, sebelum salah langkah dalam membangunnya, maka lihatlah dahulu beberapa kriteria untuk membangun bangunan bisnis yang ideal.

Bangunan yang ideal akan mengakibatkan penggunaan bangunannya akan lebih tahan lama dan lebih bermanfaat. Anda akan menyesuaikan dengan ketentuan pemerintah terkait syarat bangunan gedung yang akan dibuat.

Kriteria Bangunan untuk Bisnis Yang Ideal

Di bawah ini terdapat penjelasan singkatnya tentang kriteria bangunan bisnis yang ideal. Silahkan simak baik – baik penjelasannya.

Persyaratan Bangunan

Jasa Waterproofing Jogja Syarat IMB
Syarat IMB. src: smartlegal.id

Salah satu kriteria yang sangat diperhatikan untuk membangun bangunan yang ideal adalah tingkat keamanannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 mengenai Pedoman Persyaratan Bangunan Gedung, di sana dijelaskan beberapa kriteria. Dan bangunan aman pun tak luput dari perhatiannya. Lantas bagaimanakah bangunan aman itu?

Sebagai persyaratan umumnya dijelaskan bahwa bangunan aman akan memenuhi kriteria aman dari beban muatan, aman dari bahaya kebakaran, bahaya petir serta bahaya kelistrikan. Kemudian terdapat pula persyaratan untuk struktur bangunan gedungnya. Dalam perencanaan strukturnya terdapat beberapa kriteria, yaitu strukturnya wajib direncanakan serta dilaksanakan agar kuat, kokoh serta stabil.

Stabil di sini yaitu stabil dalam memikul beban serta safety. Kemudian memenuhi kelayakan sepanjang umur layanan yang direncanakan dengan pertimbangan fungsi bangunan, lokasi, keawetan, serta kemungkinan pengerjaan konstruksinya. Kemampuan memikul beban diperhitungkan dengan pengaruh akibat gempa, korosi, jamur, serta serangga yang merusak.

Baca Juga : Tips Membangun Rumah Tahan Gempa

Bentuk Gedung

Jasa Waterproofing Jogja Contoh Bentuk Bangunan L
Contoh Bentuk Bangunan L. src: homify.com

Menentukan bentuk bangunan gedung untuk bisnis tentu dapat menunjang bangunan bisnis yang ideal. Untuk ketentuan umumnya bentuk denah gedung usahakan simetris dan sederhana. Tujuannya agar dapat mengantisipasi suatu kerusakan yang mungkin timbul, misalnya gempa. Apabila gedung berbentuk T, U, atau L maka wajib dilaksanakan pemisahan struktur. Denah ideal yang bentuknya sentris (lingkaran, segi-banyak dan bujur sangkar) akan lebih baik dari pada dengan bentuk lainnya, seperti memanjang.

Atap bangunannya dibuat dari bahan ringan agar meminimalisir intensitas kerusakan. Bangunan gedung ditempatkan pada lokasi yang strategis, namun tidak mengganggu fungsi prasarana kota, lalu lintas hingga ketertiban umum. Tinggi rendah pekarangan wajib dibuat dengan menjaga keserasian lingkungan dan tidak menimbulkan kerugian dari pihak manapun. Jika bangunan bertingkat atau memiliki beberapa lantai, maka harus disesuaikan dengan batas ketinggian yang ditentukan di dalam rencana tata ruang kota.

Tampilan Bangunan

Jasa Waterproofing Jogja Tampilan Rumah
Tampilan Rumah. src: desainsrumahpedia.com

Terkait dengan tampilan bangunan harus didesain dengan sebaik – baiknya sehingga ruang di dalamnya memungkinkan untuk pencahayaan serta penghawaan natural. Maksud dari ketentuan tersebut adalah mengacu pada prinsip konservasi energi. Selain itu, untuk aksesnya mampu mempertimbangkan semua orang untuk dapat masuk, termasuk para lansia serta difabel. Pada bangunan dilengkapi dengan pengaman untuk lalu lintas udara serta laut atau disesuaikan berdasar letak, penggunaan dan ketinggiannya.

Tampilan bangunan juga mempengaruhi kepada marketing. Mengapa bisa? Marketing usaha pada sekarang ini sudah sangat beragam, bahkan tampilan bangunan juga bisa digunakan untuk marketing. Tampilan bagunan yang unik yang menandakan pada usaha anda, maka orang yang melihat juga akan teringat akan uniknya pada bangunan usaha anda.

Baca Juga : Tips Membangun Rumah Tipe Minimalis

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan kriteria bangunan bisnis yang ideal. Semoga bagi para pebisnis yang akan mendirikan bangunannya dapat mencermati hal tersebut. Apabila ingin berkonsultasi mengenai bangunan dapat menghubungi tenaga profesional dari PT Sinergia Bhakti Persada secara langsung ataupun melalui laman . Perusahaan tersebut menawarkan jasa pembangunan gedung sesuai dengan prosedur serta keinginan pelanggan.

PT. Sinergia menawarkan Jasa Waterproofing Jogja, Epoxy Jogja, Anti Rayap Jogja dan masih banyak yang bisa jasa dilakukan. PT Sinergia juga suda melakukan berbagai macam pembangunan di jogja, untuk selengkapnya bisa cek di situs sinergia.id. Jadi, direkomendasikan sekali untuk bekerjasama dengan pihak Sinergia.

Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membaca artikel Sinergia kami yang lainnya banyak artikel yang bisa menambah wawasan dan informasi anda.Terima kasih.

Categories: Tips

0 Comments

Leave a Reply