Fungsi tanaman hias ternyata tidak hanya untuk mempercantik rumah saja loh, namun siapa sangka ada tanaman yang bisa jadi pengusir rayap. Sering kali rayap membuat anda jengkel, karena memakan perabotan kayu atau kerangka rumah. Akibatnya, anda akan menanggung kerugian yang tidak sedikit untuk mengganti perabot kayu yang dimakan rayap tersebut.

Rayap dikenal sebagai hewan yang hidup secara berkoloni, dalam 1 koloni rayap terdiri dari ratu, raja, pekerja, dan prajurit. Untuk jumlahnya apabila digabungkan bisa mencapai ribuan bahkan jutaan di dalam 1 koloni tersebut. Oleh sebab itu, jika perabot kayu atau kerangka rumah anda terserang rayap maka bisa menyebabkan kerusakan.

Jika kayu yang ada di rumah anda telah diserang rayap, maka akan lebih efektif menggunakan jasa anti rayap Jogja untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Alasannya karena rayap yang menyerang kayu anda jumlahnya bukan puluhan, namun bisa mencapai jutaan. Sehingga perlu diatasi dengan jasa pembasmi rayap yang berpengalaman.

Kemudian setelah rayap-rayap tersebut berhasil diatasi, anda bisa menggunakan tanaman pengusir rayap. Supaya serangga kecil ini tidak kembali lagi dan menyerang perabot kayu atau kerangka rumah bagian atap. Selain untuk mengusir rayap, anda juga bisa menghias rumah anda dengan tanaman ini agar terlihat lebih asri dan sejuk.

Berbagai macam tanaman hias, Sumber : kompas.com
Berbagai macam tanaman hias, Sumber : kompas.com

Tanaman Hias Pengusir Rayap

Selain cantik dan menarik, ternyata tanaman hias ini bisa anda manfaatkan untuk mengusir rayap loh. Sangat multifungsi bukan? Bisa dijadikan untuk mempercantik interior rumah maupun pekarangan rumah, dan tentu saja untuk mengatasi rayap.

1. Daun Mint

Tanaman pertama yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap adalah daun mint. Selain digunakan untuk campuran bahan makanan, minuman, hingga pasta gigi, mint juga dapat membantu untuk mengusir berbagai serangga termasuk rayap.

Aroma mint yang kuat, dapat membuat rayap enggan untuk mendekat. Oleh sebab itu, memiliki daun mint disekitar rumah dapat membantu menghalau rayap-rayap atau jenis serangga lain berkeliaran di sekitar rumah. Biasanya daun mint ini ditanam di dalam pot dan digantung, anda bisa sekalian memperindah rumah dengan tanaman ini.

Daun mint, Sumber : shopee.co.id
Daun mint, Sumber : shopee.co.id

2. Geranium

Tanaman selanjutnya adalah geranium, jenis tanaman ini lebih dikenal sebagai pengusir nyamuk. Namun ternyata selain nyamuk, geranium juga dipercaya dapat membantu mengusir rayap loh. Aroma yang dihasilkan tanaman ini dapat menarik perhatian hewan lain.

Hewan-hewan tersebut dapat memakan rayap, diantaranya adalah belalang sembah, kepik, laba-laba, hingga lipan. Sehingga secara tidak langsung hewan-hewan tersebut dapat membantu anda mengusir rayap yang akan menyerang perabotan kayu yang ada di rumah.

Tanaman geranium, Sumber : idntimes.com
Tanaman geranium, Sumber : idntimes.com

3. Rumput Vetiver

Selain digunakan sebagai tanaman hias, rumput vetiver juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap loh. Di dalam rumput vetiver terdapat kandungan senyawa kimia yang dikenal dengan sebutan nootkatone. Senyawa kimia ini dapat menangkal rayap, selain itu juga dapat menangkal berbagai jenis hama.

Rumput vetiver, Sumber : sains.kompas.com
Rumput vetiver, Sumber : sains.kompas.com

4. Aster

Tanaman hias yang satu ini hampir sama dengan geranium. Aster juga memiliki aroma yang dapat menarik berbagai hewan pemakan rayap untuk mendekat. Oleh karena itu, rayap-rayap tidak akan berani mendekati kayu di rumah yang terdapat tanaman aster ini.

Tanaman bunga aster, Sumber : agrotek.id
Tanaman bunga aster, Sumber : agrotek.id

5. Catnip

Catnip merupakan tanaman hias yang dapat anda manfaatkan untuk mengusir berbagai serangga, termasuk rayap. Anda bisa menanam tanaman ini di area pekarangan rumah. Selain untuk mengusir rayap, rumah anda juga akan lebih berwarna dan tentunya semakin cantik dengan adanya tanaman ini.

Tanaman catnip, Sumber : orami.co.id
Tanaman catnip, Sumber : orami.co.id

6. Marigold

Rumah anda akan terlihat lebih cantik, apabila terdapat tanaman marigold di sekitar pekarangan. Tidak hanya kecantikannya saja yang dapat menarik perhatian, namun tanaman yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir hama salah satunya rayap.

Pekarangan rumah akan terlihat lebih memukau dengan hadirnya tanaman marigold ini, selain itu anda juga bisa membuat gazebo untuk melengkapinya. Sehingga saat sore hari, anda bisa bersantai di gazebo rumah sembari menikmati secangkir teh hangat.

Tanaman hias marigold, Sumber : cnnindonesia.com
Tanaman hias marigold, Sumber : cnnindonesia.com

Jenis-jenis Rayap

Selain tanaman pengusir rayap, anda juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis rayap yang dapat menyerang kayu yang ada di dalam rumah anda. Penasara apa saja? Ini dia jenis-jenis rayap yang sering dijumpai di Indonesia.

1. Rayap Kayu Kering

Rayap jenis ini terkenal dengan kerusakan yang ditimbulkannya tidak terlihat. Jadi rayap kayu kering akan terseteksi di saat perabot kayu anda sudah dalam keadaan rusak atau keropos bagian dalamnya.

Rayap-rayap ini akan hidup tersembunyi di dalam kayu, dan terus memakan kayu kering tersebut hingga hanya menyisakan bagian kulitnya saja.

2. Rayap Kayu Basah

Jenis rayap selanjutnya adalah rayap kayu basah. Rayap jenis ini biasanya sering ditemukan pada kayu yang sudah membusuk namun tetap lembab dan basah. Kondisi kayu yang seperti ini disebabkan karena terdapat kontak langsung dengan tanah atau yang berhubungan dengan air.

Sehingga menyebabkan kayu tersebut tetap lembab dan basah. Biasanya rayap kayu basah dapat dijumpai di area outdoor, misalnya saja di pohon atau kayu yang diletakkan di atas tanah.

3. Rayap Tanah

Rayap tanah merupakan jenis serangga yang hidupnya harus berdekatan dengan sesuatu hal yang lembab supaya dapat bertahan hidup. Jenis rayap yang satu ini akan mendirikan sarang di tanah agar dapat bertahan hidup melalui kelembaban yang dihasilkan oleh tanah.

Rayap-rayap ini akan membangun sebuah terowongan yang dijadikannya sebagai jalan untuk mencari makanan, misalnya saja kayu. Saat musim kemarau tiba, rayap tanah akan membuat terowongan lebih dalam lagi supaya mereka tetap mendapatkan kelembaban dari tanah.

Ilustrasi rayap, Sumber : merdeka.com
Ilustrasi rayap, Sumber : merdeka.com

Selain menggunakan tanaman hias tersebut, anda juga perlu memastikan bahwa rumah anda memiliki ventilasi udara yang cukup. Fungsinya agar terjadi pertukaran udara, sehingga rumah anda dapat terjaga kelembabannya dan tidak mudah diserang rayap.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanaman pengusir rayap yang bisa Anda letakkan di meja kerja Anda. Sinergia tidak hanya melayani jasa anti rayap saja, namun juga menyediakan jasa waterproofing dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan dari Sinergia, anda dapat menghubungi kontak yang tertera di laman website kami.


0 Comments

Leave a Reply