Mezzanine merupakan lantai yang letaknya berada di tengah-tengah antara lantai bawah dan atap atau plafon, dengan luas yang umumnya hanya sepertiga dari luas ruangan tersebut. Konsep mezzanine ini dapat dengan mudah anda jumpai pada rumah-rumah yang mengusung tema modern. Mezzanine biasa digunakan sebagai ruang tambahan atau ruang penyimpanan.

Pada umumnya konsep mezzanine ini merupakan ruangan yang terbuka, namun lantai ini juga dapat digunakan sebagai ruangan pribadi yang nyaman dan fleksibel. Sebelumnya lantai ini lebih banyak digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik, alasannya karena bangunan seperti ini biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi.

Seiring perkembangan zaman, saat ini mezzanine juga sering digunakan di gedung-gedung perkantoran, gereja, toko, ruang pertunjukan, rumah pribadi, apartemen, hingga hotel. Memiliki konsep ini di dalam hunian bukan hanya menjadi solusi untuk ruang tambahan, namun juga dapat memberikan kesan yang berbeda serta unik di tempat tinggal anda.

Mezzanine dari kayu, Sumber : courtina.id
Mezzanine dari kayu, Sumber : courtina.id

Ada beberapa material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine ini, diantaranya yakni kayu, beton, baja, hingga besi. Apabila anda menggunakan material kayu, maka anda memerlukan kayu dengan kualitas yang baik dan ketebalan yang cukup agar mezzanine dapat berdiri dengan kuat.

Selain kayu, beton juga salah satu material yang sering dimanfaatkan karena memiliki kekuatan yang kokoh. Kemudian untuk besi dan baja merupakan material yang mudah untuk diaplikasikan. Apapun material yang anda gunakan nantinya, pastikan disesuaikan dengan interior rumah anda agar lebih terlihat cantik dan menawan. 

Manfaat Mezzanine

Ada berbagai manfaat yang dapat anda peroleh apabila anda membuat mezzanine di dalam hunian anda. Salah satunya, mezzanine ini merupakan solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional. Apabila anda memiliki rumah yang sempit tapi atap anda tinggi, maka anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

Anda dapat membuat mezzanine yang difungsikan untuk menambah ruangan lagi. Ruangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kamar tidur, ruang baca, wardrobe, atau apapun sesuai dengan kebutuhan anda. Anda dapat menerapkan konsep ruangan terbuka maupun tertutup agar lebih privasi.

Salah satu desain mezzanine, Sumber : blog.spacestock.com
Salah satu desain mezzanine, Sumber : blog.spacestock.com

Dengan menggunakan konsep mezzanine ini juga dapat memungkinkan anda untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Jika dibandingkan dengan merenovasi rumah dan membangun ruang tambahan akan memakan biaya yang cukup mahal. Namun bila anda menggunakan mezzanine, akan lebih menghemat biaya.

Desain dari mezzanine ini juga lebih fleksibel dan memungkinkan anda untuk menggunakannya untuk berbagai keperluan. Misalnya saja sebagai ruangan penyimpanan atau ruang bermain anak-anak. Bahkan dapat digunakan sebagai studio mini untuk pembuatan konten podcast yang sedang populer di youtube.

Inspirasi Penerapan Mezzanine di Rumah

Apabila anda berminat untuk membangun lantai mezzanine di rumah, namun masih binggung dengan penggunaan mezzanine ini agar digunakan dengan baik dan tepat. Tidak perlu khawatir di bawah ini kami telah merekomendasikan beberapa ide yang dapat anda gunakan sebagai inspirasi.

1. Desain Mezzanine Tertutup

Untuk anda yang menginginkan tempat yang lebih privasi dengan memanfaatkan mezzanine juga bisa loh. Anda dapat membuat desain mezzanine di dalam interior yang tertutup. Caranya cukup mudah, anda cukup menambahkan kaca transparan sebagai dinding. Tidak lupa untuk menambahkan tirai agar semakin privasi.

Mezzanine yang dilengkapi dengan kaca dan tirai, dapat mempermudah anda untuk melihat ruangan di bawah dengan mudah, namun privasi anda juga tetap bisa terjaga. Dijamin akan tambah seru deh, apabila memiliki ruangan dengan konsep mezzanine ini.

Desain mezzanine tertutup, Sumber : jendelabaru.com
Desain mezzanine tertutup, Sumber : jendelabaru.com

2. Desain Mezzanine Model Jembatan

Selain sebagai ruangan tambahan, mezzanine juga dapat dimanfaatkan sebagai jembatan yang menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya. Mezzanine dengan model jembatan ini dapat difungsikan sebagai ruang kerja, yang dilengkapi dengan konsep yang terbuka.

Desain mezzanine akan mempermudah anda untuk berinteraksi dengan anak-anak atau orang lain yang sedang berada di lantai bawah. Konsep jembatan ini, dapat dengan mudah anda jumpai pada rumah-rumah modern yang ada di luar negeri.

Desain mezzanine model jembatan, Sumber : pengadaan.web.id
Desain mezzanine model jembatan, Sumber : pengadaan.web.id

3. Desain Mezzanine di Sudut Ruangan

Apabila anda tidak memiliki ruangan yang besar atau langit-langit yang ukurannya lebih besar, maka anda dapat memanfaatkan salah satu sudut di sebuah ruangan untuk membuat mezzanine yang tinggi. Mezzanine ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur atau ruang membaca yang nyaman untuk digunakan.

Desain yang satu ini juga dapat anda jadikan sebagai ruangan untuk bermain anak-anak anda. Karena pada ruangan ini akan lebih mudah untuk anda memonitor gerakan anak anda. Jangan lupa juga, pastikan anda membuat pagar disekelilingnya agar anak-anak tetap aman saat bermain di mezzanine ini.

Desain mezzanine di sudut ruangan, Sumber : archify.com
Desain mezzanine di sudut ruangan, Sumber : archify.com

4. Desain Mezzanine di Dalam Kamar

Apabila anda memiliki kamar tidur yang cukup luas dengan langit-langit yang tinggi, maka anda dapat memanfaatkan kelebihan tersebut dengan cara yang lebih innovatif. Yakni membuat mezzanine yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan ataupun walk-in closet pribadi anda di dalam kamar.

Selain itu anda juga dapat memanfaatkan mezzanine ini sebagai tempat untuk membaca buku. Tidak hanya itu saja, anda bisa menggunakannya sebagai tempat belajar yang tentu saja akan membuat kualitas belajar anda semakin nyaman.

Desain mezzanine di dalam kamar, Sumber : Pinterest
Desain mezzanine di dalam kamar, Sumber : Pinterest

5. Desain Mezzanine Terbuka

Inspirasi penggunaan mezzanine berikutnya dengan mendesainnya secara terbuka. Desain ini cocok bagi anda yang memiliki keterbatasan ruangan. Anda dapat membangun mezzanine di dekat ruang utama, karena lantai tersebut akan membuat rumah anda terlihat lebih cantik dan unik.

Desain mezzanine terbuka, Sumber : today.line.me
Desain mezzanine terbuka, Sumber : today.line.me

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konsep mezzanine. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Apabila anda membutuhkan jasa waterproofing Jogja atau aplikator epoxy Jogja, maka dapat menghubungi PT Sinergia Bhakti Persada. Detail informasi dapat anda akses di laman website kami.


0 Comments

Leave a Reply