Anak adalah harapan anda di masa depan. Karena itu pastikan anda memiliki anak yang benar-benar sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan yang akan mengganggu masa depannya. Karena itu mulai dari kecil pastikan anak anda berada di tempat layak, termasuk anda harus mempersiapkan membangun rumah ramah anak.

Dengan membangun rumah ramah anak maka anda sebenarnya sudah mempersiapkan tumbuh kembang anak di lokasi yang tepat, ddimana lokasi tersebut adalah rumah anda sendiri. Rumah sebagai tempat pendidikan pertama perlu di bangun sedemikian rupa sehingga mampu memberikan pengaruh positif bagi anak. Inilah beberapa tips membangun rumah ramah anak !

1. Pahami Konsepnya

Sebelum membangun rumah ramah anak, tentu anda harus mengetahui konsepnya. Dalam membuat desain rumah yang nantinya anda bangun, jangan hanya terpaku pada keegoisan keinginan anda sendiri. Pastikan anda mempertimbangkan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah termasuk yang terpenting adalah anak anda.

Rumah Ramah Anak
Bangun ruang keluarga yang aman dan menyenangkan. Sumber Unsplash

Desain bangunan harus memperhatikan prinsip kesehatan, kenyamanan dan juga keamanan untuk anak anda. Struktur bangunan tahan gempa juga harus di adopsi jika anda membangun rumah di lokasi yang berada di daerah berpotensi terjadi gempa bumi. Tidak lain adalah untuk keselamatan di masa mendatang.

2. Keselamatan Hal Utama

Sebenarnya hal yang paling mendasar dari bangunan rumah ramah anak adalah struktur bangunan yang mennunjang keselamatan anak. Dengan demikian anda bisa menentukan desain dan bentuk tangga yang aman, memilih lantai kamar mandi yang tepat dan sebagainya. Di samping itu perlu juga memberikan perhatian pada berbagai hal yang ada di rumah.

Anak-anak pasti tertarik pada steker dan sakelar, jadi pastikan anda menaruh steker di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Anda dapat membeli steker yang ada penutupnya. Pastikan anda meletakan berbagai benda dengan tepat dengan tidak mudah di tarik oleh anak-anak. Pertimbangkan untuk menambahkan pegangan pengaman pada pintu atau tempat lain yang diperlukan. Semakin muda anak anda maka semakin tnggi resiko yang ada.  

3. Tempat Penyimpanan

Berbagai macam benda yang ada di rumah memiliki ptensi untuk mencelakai anak anda. Investasikan dalam pengadaan wadah penyimpanan untuk benda kecil yang dapat mencelakai anak-anak. Selain itu untuk berbagai benda berbahaya seperti obat, deterjen dan lainnya perlu disimpan dengan aman.

Untuk benda yang jarang terpakai sebaiknya di simpan di ruangan khusus penyimpanan atau gudang. Setiap rumah pasti memiliki berbagai perkakas perbengkelan atau pertukangan. Benda tersebut bisa berbahaya jika di pegang oleh si kecil. Karena itu pastikan anda membuat gudang penyimpanan khusus untuk barang tersebut. Jika lahannya dirasa kurang maka anda bisa membuatnya di loteng maupu ruangan bawah tanah.

4. Furnitur Yang Tepat

Dalam mendekorasi ruangan anda perlu mempertimbangkan gaya, fungsi dan juga tentunya adalah keamanan. Anda dapat menggunakan furnitur yang tidak terlalu banyak terdapat sudut siku yang dapat menjadikan benturan terasa menyakitkan bahkan cedera. Anda bisa memilih furnitur dengan bentuk bulat untuk melindungi anak-anak kecil.

Bisa juga dengan memilih furnitur yang memiliki fungsi ganda yakni fungsi penyimpanan. Saat ini banyak desain sofa keluarga yang memiliki fungsi penyimpanan. Sofa tersebut memiliki rak atau loker penyimpanan yang dapat memuat berbagai benda kecil.

5. Ruangan Khusus Dengan Lantai Yang Tepat

Setidaknya anda harus memiliki satu ruangan kesukaan anak-anak selain kamar mereka. Ruangan yang biasa dipilih adalah ruang keluarga. Buatlah ruangan keluarga yang ceria dan sesuai dengan kesukaan anak-anak. Dengan memilih furnitur dan dekorasi yang sesuai, dan juga aman maka anak-anak akan merasa senang dan juga aman.

Penting untuk menggunakan lantai yang lunak sebagai alas ruangan keluarga. Anda bisa melapisinya dengan karpet karet yang tebal, bisa dengan rumput buatan dan alas lainnya yang aman jika anak-anak terjatuh atau terjerembab di lantai. Kepala adalah bagian yang vital untuk dilindungi. Bahan lunak sebagai lantai atau alas akan menjadikan aman ketika anak terjatuh membentur lantai.

6. Bangun Kreatifitas di Setiap Ruang

Setiap rumah yang disana terdapat anak-anak harus kreatif dan menginspirasi. Anak-anak dapat mengubah apa pun menjadi permainan yang menyenangkan, namun mampu  menumbuhkan inspirasi bagi anak. Hal-hal sederhana seperti papan tulis atau dinding dengan papan yang memungkinkan untuk di corat-coret membuat anak-anak bisa menuangkan imajinasinya.

Rumah Ramah Anak
Bangun kreatifitas di setiap ruangan. Sumber Unsplash

Mereka bisa melenturkan otot kreatif mereka dan juga imajinasinya dengan cara yang menyenangkan dan tidak merusak. Kamar anak dengan stiker atau wallpaper bisa menjadi pilihan. Elemen-elemen bagus ini tidak akan menghilangkan estetika ruangan secara keseluruhan. Selain itu, karena dapat dilepas, maka anda bisa menggantinya sesuka anda.

Dapur bisa berbahaya bagi anak-anak, akan tetapi dapur juga bisa menjadi tempat kreativitas dan inspirasi. Menyediakan bangku untuk anak-anak sehingga mereka dapat ‘membantu’ ibunya dengan aktivitas ringan memasak. Belikan mereka mangkuk dan sendok pencampur yang membantu anda mengajari si kecil.

Itulah tips membangun rumah ramah anak. Anda bisa membuat desain sesuai keinginan anda atau mempercayakan pembangunannya kepada jasa kontrkator terpercaya pilihan anda. PT Sinergia Bhakti Persada yang merupakan penyedia jasa anti rayap di Jogja yang juga memberikan jasa pembangunan bangunan rumah hunian maupun bangunan publik lainnya. kami tunggu kehadiran anda untuk membangun rumah impian anda.

Categories: Tips

0 Comments

Leave a Reply