Proyek betonisasi atau pembetonan merupakan pembuatan atau pelapisan jalan dengan bahan beton yang disokong rangka dari baja. Penggunaan material beton memiliki banyak kelebihan dan keuntungan, baik diaplikasikan pada jalan, maupun pada konstruksi lainnya.

Para pengguna jalan mempunyai ketertarikan tersendiri berkenaan jenis jalan yang disukai. Jenis material jalan pada umumnya ada dua, yakni aspal dan beton. Aspal memiliki karakteristik yang halus sedangkan beton kokoh dan tahan lama.

Sekarang ini konstruksi jalan di tanah air memang lebih banyak menggunakan beton daripada aspal. Ada banyak pertimbangan mengapa beton lebih direkomendasikan. Beton precast sebagai material jalan dan bangunan karena memiliki sifat yang dianggap lebih menguntungkan.

Beton diandalkan sebagai konstruksi jalan sebab, memiliki banyak keunggulan. Misalnya, beton sangat keras sehingga mampu menahan beban lebih tinggi. Oleh sebab itulah, mengapa jalan yang biasa dilewati kendaraan besar direkomendasikan terbuat dari beton.

Beton lebih tahan terhadap cuaca panas pada musim kemarau. Permukaan jalan dari beton relatif stabil, karena tidak mengalami pemuaian. Beton juga sangat tahan pada musim hujan karena, tahan terhadap air. Oleh sebab itu, jalan dari proyek betonisasi tidak mudah terkikis air hujan dan air yang menggenang serta banjir.

Tampilan jalan beton yang baru dibuat, sumber: google.com
Tampilan jalan beton yang baru dibuat, sumber: google.com

Karena tahan lama dan tidak mudah rusak, jalan dari material beton tidak membutuhkan perawatan khusus. Maka dari itu, untuk biaya perawatan proyek betonisasi cenderung lebih hemat. Selain itu, jika ketebalannya sesuai, beton bisa langsung diaplikasikan tanpa pondasi bawah.

Beton juga bisa digunakan di atas permukaan tanah yang lemah tanpa harus melakukan pengerasan terlebih dahulu. Beton sebagai bahan baku pembangunan jalan lebih memiliki akses yang mudah didapatkan. Jadi, tetap bisa Anda dapatkan meski di lokasi pelosok.

Keuntungan Jalan Beton

Mungkin Anda berpikir mengapa harus menggunakan beton? Padahal ada material lain seperti aspal yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan jalan. Jawabannya tentu saja ada banyak pertimbangan. Pertimbangan tersebut juga bisa menjadi pertimbagan Anda yang ingin memiliki struktur bangunan yang awet dan tahan lama. Simak keuntungan menggunakan beton di bawah ini.

Beton Bisa Langsung Di Curah Tanpa Pondasi

Keunggulan pertama dari material beton untuk jalan adalah langsung bisa dipakai atau di curah tanpa perlu terlebih dulu membuat pondasi. Berbeda dengan menggunakan aspal, pondasi harus diterapkan terlebih dahulu sesuai dengan kondisi tanah yang akan diaspal.

Tahan Genangan Air

Beton untuk jalan sangat tahan terhadap genangan air. Hal ini berbeda dengan aspal yang kurang tahan terhadap genangan air pada musim penghujan. Pada musim penghujan, aspak akan rusak dan minimal akan bergelombang. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan proyek betonisasi.

Jalan beton tahan air, sumber: google.com
Jalan beton tahan air, sumber: google.com

Pengadaan Bahan yang Mudah

Selain tahan genangan air dan bisa langsung di curah, beton juga relatif sangat mudah pengadaannya. Tentu saja hal ini berbeda dengan aspal, yang mengharuskan Anda menunggu dalam waktu lama, memesannya terlebih dulu, mulai dari bulan hingga tahunan.

Biaya Perawatan Lebih Hemat

Biaya perawatan dari jalan beton ini sangat hemat. Ini merupakan salah satu keistimewaan dari beton. Dengan keunggulan sebelumnya, Anda tidak perlu repot menyiapkan biaya tambahan untuk perbaikan dalam rentang waktu tertentu. Hal ini tentu saja berbeda dengan aspal, dengan beberapa kekurangannya, mengharuskan Anda menyiapkan dana tambahan, untuk perbaikan dan renovasi.

Bisa Digunakan pada Jalan Kecil

Selain bisa dimanfaatkan untuk jalan raya, beton juga cocok untuk jalan kecil atau gang. Jadi, selain untuk membuat gang-gang baru, Anda juga bisa memanfaatkan material beton dengan mekanisme proyek betonisasi ini untuk memperbaiki jalan di gang-gang di lingkungan Anda.

Dibalik rangkaian keunggulan di atas, tentu saja beton ini bukan tanpa kekurangan. Sebagai bahan pertimbangan dan penyeimbang, kami rasa Anda juga harus tahu mengenai aspek lain dari beton untuk jalan ini.

Dengan kelebihan dan keunggulan yang ditawarkannya, beton memiliki harga yang tergolong mahal sehingga biaya pembangunan jalan dengan material beton relatif lebih mahal. Namun, demikian hal tersebut sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Bisa untuk jalan besar dan gang kecil, sumber: google.com
Bisa untuk jalan besar dan gang kecil, sumber: google.com

Pembangunan jalan dengan material beton umumnya tidak disertai dengan pembuatan drainase atau saluran air di sepanjang sisinya. Namun, dengan karakteristik yang tahan air, genangan dan banjir, hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Untuk kehati-hatian, ada baiknya jika Anda kombinasikan dengan drainase pada kedua sisinya agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Meski menawarkan banyak keuntungan, proses pengerjaan proyek betonisasi tetap harus sesuai dengan prosedur yang baku. Sebab, jika tidak maka konstruksi akan mengalami kegagalan. Dalam hal ini, pengerjaannya perlu diawasi secara ketat dan dipercayakan pada kontraktor yang tepat agar tidak terjadi kesalahan prosedur.

Kondisi beton harus kering sebelum bisa digunakan. Jika tidak, jalan tersebut akan mengalami retak-retak bahkan pecah. Untuk itu, berikan waktu yang cukup agar beton mongering secara maksimal.

Untuk mencegah terjadinya keretakan akibat proses pengeringan yang terlalu cepat, Anda bisa mengupayakan menutup permukaan jalan yang dibeton dengan kain basah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan zat khusus yang dicampurkan dengan material beton.

Untuk mendapatkan kepuasan hasil kerja, mulai dari kualitas maupun umur ketahanan bangunan jalan sebaiknya dan sangat kami rekomendasikan untuk mempercayakan hal tersebut pada perusahaan kontraktor yang berpengalaman di bidang terkait.

Tentu saja, jika dikerjakan oleh pihak yang handal dan profesional, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih, mulai dari hasil yang sesuai ekspektasi hingga biaya yang terjangkau. Dalam hal ini, Anda bisa membandingkan setiap layanan yang ada, guna mendapatkan pilihan terbaik.

Gunakan jasa profesional untuk proyek betonisasi maksimal, sumber: google.com
Gunakan jasa profesional untuk hasil maksimal, sumber: google.com

Dalam mengomparasikan atau membandingkan beberapa layanan yang menawarkan jasa tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti tenaga yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, sarana dan prasarana yang dimiliki guna menunjang terlaksananya pekerjaan dengan baik dan tentu saja tawaran harga yang diberikan.

Nah, dari sekian banyak jasa terkait yang ada di tanah air, khususnya yang ada di Kota Pendidikan, Yogyakarta, Anda bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan layanan terkait, secara virtual dengan mengunjungi situs resminya.

Untuk menambah referensi dan wawasan Anda, kami juga sarankan Anda untuk membaca tulisan-tulisan kami yang lain yang ada di situs resmi kami, yang bisa Anda kunjungi dengan mengetik Sinergia Bhakti Persada. Semoga bisa bermanfaat dan selamat membaca.


Amaleo Woha

Amaleo Woha adalah seorang Mahasiswa S1 Manajemen Bisnis Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI Hamfara) Yogyakarta angkatan 2019 | Content Writer di seoanaksholeh.com | Admin dimensi.id

0 Comments

Leave a Reply