Pentingnya ventilasi rumah untuk kesehatan anda beserta keluarga memang tidak dapat terelakkan. Menurut World Health Organization (WHO) kualitas udara yang buruk di dalam rumah diduga dapat menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular serta kematin di negara-negara berkembang.

Inilah mengapa ventilasi udara merupakan salah satu komponen yang wajib ada di rumah. Seringkali fungsi ventilasi rumah ini terabaikan oleh sebagian masyarakat dan dianggap hal yang sepele. Namun kenyataannya tanpa adanya ventilasi udara dapat mengganggu kesehatan anda dan keluarga.

Ventilasi udara yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat berdampak, kepada produktivitas dan kegiatan penghuninya serta dapat mengurangi penyebaran penyakit infeksi saluran pernapasan. Pergantian udara yang baik dapat mengeluarkan udara kotor dari dalam ke luar dan menggantinya dengan udara yang segar dari luar ke dalam.

Oleh sebab itu, anda harus mengetahui fungsi pentingnya ventilasi rumah. Tujuannya agar anda tidak menganggap ventilasi hal yang sepele dan tidak terlalu penting jika tidak ada di rumah anda. Buatlah ventilasi udara yang cukup, agar kesehatan anda dan keluarga terjamin dengan menghirup udara segar setiap waktu.

Pentingnya ventilasi rumah, Sumber : aca.co.id
Pentingnya ventilasi rumah, Sumber : aca.co.id

Fungsi Dari Ventilasi Rumah

Simaklah ulasan yang telah Sinergia rangkumkan untuk anda di bawah ini, mengenai beberapa fungsi ventilasi rumah yang penting untuk kesehatan anda beserta keluarga. Anda perlu mengetahui mengapa sebuah rumah atau bangunan perlu diberikan ventilasi udara.

1. Tempat Masuknya Cahaya

Sinar matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Cahaya matahari yang masuk dapat membuat ruangan rumah menjadi hangat. Apalagi jika di dalam rumah terasa dingin dan lembab, sinar matahari sangat membatu mengatasinya. Anda bisa membuka jendela rumah lebar-lebar, supaya cahaya matahari dapat masuk dengan sempurna.

Saat siang hari anda juga tidak perlu menggunakan lampu sebagai penerang ruangan. Hanya dengan bantuan sinar matahari yang masuk, dapat membuat ruangan anda menjadi terang. Sinar matahari diibaratkan lampu alami yang mampu menerangi dalam rumah anda di siang hari.

Ilustrasi masuknya cahaya, Sumber : archify.com
Ilustrasi masuknya cahaya, Sumber : archify.com

2. Menghemat Energi

Seperti informasi di atas, bahwa sinar matahari yang masuk lewat ventilasi udara dapat berfungsi sebagai penerang. Saat siang hari anda tidak memerlukan lampu untuk membuat ruangan anda menjadi terang. Oleh sebab itu ventilasi juga berfungsi untuk menghemat energi penggunaan lampu di siang hari.

Selain lampu, anda juga dapat menghemat pemakaian kipas angin atau pemakaian AC. Dengan adanya ventilasi membuat udara segar dapat masuk ke dalam rumah dan dapat membuat ruangan terasa sejuk. Jadi anda bisa menghemat energi dengan mengurangi pemakaian kipas angin atau AC.

Ilustrasi menghemat energi, Sumber : idea.grid.id
Ilustrasi menghemat energi, Sumber : idea.grid.id

3. Menjaga Kelembaban Ruangan

Ruangan yang terlalu lembab dapat berdampak pada gangguan kesehatan yang dialami anda beserta keluarga. Rumah yang lembab dapat menumbuhkan jamur-jamur serta bakteri yang dapat bahaya bagi tubuh manusia. Maka dari itu diperlukan ventilasi yang baik untuk dapat mengatur sirkulasi udara agar tidak lembab.

Selain mengganggu kesehatan, ruangan yang lembab juga dapat berpengaruh pada furniture anda yang terbuat dari kayu. Rayap hidup di tempat yang lembab, jika kayu anda ikut lembab otomatis akan mudah di serang rayap. Jika sudah terlanjur di serang rayap, anda dapat segeri menghubungi jasa anti rayap Jogja untuk mengatasi masalah anda.

Alat ukur suhu dan kelembaban ruangan, Sumber : loggerindo.com
Alat ukur suhu dan kelembaban ruangan, Sumber : loggerindo.com

4. Menghilangkan Bau Pengap

Jika rumah anda terlalu lembab, maka akan menimbulkan bau pengap yang kurang sedap. Mengapa ruangan bisa pengap? Karena udara yang ada di dalam rumah tidak dapat keluar maupun sebaliknya udara yang dari luar tidak dapat masuk ke dalam rumah. Jadi tidak ada pertukaran udara yang dapat menjaga kelembaban ruangan. Itulah sebabnya mengapa rumah anda mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Hal tersebut seringkali terjadi saat anda meninggalkan rumah selama beberapa saat dan tidak ada lubang ventilasi lain selain pintu dan jendela. Ketika anda pulang bau ruangan yang pengappun akan segera menghampiri penciuman anda. Jika anda sudah mencium bau pengap, maka segeralah menambah ventilasi udara di rumah anda. Tujuannya agar terjadi pertukaran udara di dalam rumah.

Ilustrasi menghilangkan bau pengap, Sumber : idea.grid.id
Ilustrasi menghilangkan bau pengap, Sumber : idea.grid.id

5. Mengeluarkan Polusi Dari Dalam Rumah

Polusi udara tidak hanya berasal dari luar rumah saja, tapi polusi juga bisa berasal dari dalam rumah. Jadi jangan menganggap bahwa di dalam rumah anda tidak ada polusi. Polusi dari dalam rumah contohnya berasal dari asap rokok, bakteri, atau asap dapur. Dengan adanya ventilasi udara di rumah, polusi tersebut dapat keluar dan berganti dengan udara yang lebih segar dan sehat.

Ilustrasi mengeluarkan polusi, Sumber : kompas.com
Ilustrasi mengeluarkan polusi, Sumber : kompas.com

6. Menekan Risiko Penularan Penyakit

Adanya ventilasi udara dapat menekan risiko tertularnya penyakit antar penghuni rumah. Mengapa demikian? Karena udara yang ada di dalam ruangan yang sudah tercampur dengan virus tersebut dapat keluar. Setelah udara yang mengandung virus tadi keluar, udara yang di dalam dapat di ganti oleh udara segar yang dari luar.

Ketika daya tahan tubuh sedang menurun, lalu ada salah satu anggota keluarga yang sedang mengalami flu maka risiko anda tertular flu meningkat. Maka dari itu dengan adanya ventilasi udara dapat menekan risiko tertularnya penyakit tersebut.

Ilustrasi bersin, Sumber : techno.okezone.com
Ilustrasi bersin, Sumber : techno.okezone.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pentingnya ventilasi rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Anda juga dapat menyimak artikel lain seperti informasi mengenai jasa waterproofing Jogja, atau aplikator epoxy Jogja dan masih banyak lagi informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website PT Sinergia Bhakti Persada.


0 Comments

Leave a Reply