Model rumah 2 lantai minimalis bisa menampung 2 sampai 4 anggota keluarga, termasuk anak anak. Meskipun bertingkat, ternyata tidak semua rumah berlantai dua harus didesain dengan megah dan luas. Beberapa contoh pada tulisan kali ini adalah buktinya.

Dengan modelnya yang simpel dan sederhana, tempat tinggal model rumah 2 lantai pada lahan yang sempit menjadi pilihan banyak orang belakangan ini. Model yang sederhana yang mengedepankan efisiensi dan fungsional ini, tetap bisa mengakomodasi kebutuhan dari penghuninya.

Oleh karena itu, sekarang ini tidak heran rasanya jika bangunan bertingkat model satu ini adalah salah satu model rumah yang cukup banyak ditemukan di tanah air. Jika Anda ingin mewujudkannya sebagai hunian Anda, berikut ini kami berikan beberapa contoh modelnya untuk Anda.

Beberapa Contoh Model Rumah 2 Lantai yang Sedang Tranding

Untuk Anda yang ingin mewujudkan rumah untuk beberapa anggota keluarga, namun bermasalah dengan keterbatasan lahan atau sekedar menambah wawasan mengenai model rumah kekinian, tulisan ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda konsumsi.

Tampilan desain rumah 2 lantai yang elegan dan rapi,sumber: furnizing.com
Tampilan desain rumah 2 lantai yang elegan dan rapi,sumber: furnizing.com

1. Contoh Desain Rumah 2 Lantai Modern Skandinavia

Model rumah 2 lantai modern juga bisa mengambil inspirasi dari gaya Skandinavia yang tetap mengedepankan ciri elegan dan dengan tampilan minimalis. Gaya yang dimaksud umumnya mengambil inspirasi dari berbagai rumah di Negara Denmark dan Swedia.

Model rumah Skandinavia ini lebih menekankan pada langit interior yang cenderung menggunakan cahaya alami. Biasanya warna dan aksen yang lembut juga diciptakan melalui pemilihan warna netral seperti pastel, cokelat atau warna putih. Selain itu, penggunaan beberapa warna tersebut juga bisa membuat langit interior terasa lebih lega dan luas.

Model rumah 2 lantai Skandinavia ini juga lebih menekankan pada aspek minimalis pada setiap bagian desain rumah, mulai dari layout atau tata letak hingga perabotan. Biasanya perabotan yang digunakan cenderung bergaya modern dan lebih fungsional. Agar bisa menyatu dengan interior, Anda bisa menggunakan berbagai warna yang lembut.

Untuk desain rumah 2 lantai minimalis pertama ini, Anda bisa menata denah sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Untuk memaksimalkan cahaya yang masuk, gunakan jendela yang luas dan untuk menciptakan dinamika visual gunakan kayu sebagai material pembuatannya.

Pesona model rumah 2 lantai gaya skandinavia, sumber: idntimes.com
Pesona model rumah 2 lantai gaya skandinavia, sumber: idntimes.com

2. Contoh Model Rumah 2 Lantai Gaya Kubus

Model rumah kedua yang sederhana ini memiliki kelebihan karena Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Oleh karenanya, sifat kubus sangat cocok untuk desain rumah pada lahan yang sempit, namun menginginkan rumah yang cukup luas.

Dengan bentuknya yang kotak, maka penataan ruangan dari model rumah satu ini menjadi lebih mudah untuk Anda kerjakan. Jika Anda desain dengan baik, maka rumah kubus yang dihasilkan akan menjadi sangat indah, tidak kalah dengan desain rumah megah yang biasa Anda temukan.

Model rumah ini menawarkan keuntungan pencahayaan matahari dari depan dan belakang, serta menyediakan sirkulasi udara yang baik. Sehingga, bisa memberikan suasana yang sejuk. Model rumah kubus yang minimalis, Anda bisa membagi penggunaan lantai sesuai fungsinya.

Misalnya, pada lantai atas, bisa Anda fungsikan sebagai ruang pribadi dan lantai bawah bisa Anda gunakan sebagai daerah umum. Akan tetapi, upayakan lantai bawah mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada lantai atas, agar Anda bisa membuat teras.

Pesona rumah gaya kubus minimalis, sumber: ruangarsitek.di
Pesona rumah gaya kubus minimalis, sumber: ruangarsitek.di

Sama halnya dengan model rumah lainnya, desain rumah sederhana model kubus ini juga bisa memanfaatkan ruang terbuka. Pada bagian depan bisa ditambahkan carport sedangkan pada bagian belakang bisa Anda kombinasikan dengan taman.

Keberadaan taman minimalis tersebut juga dapat menjadi supply udara alami pada rumah Anda. Sehingga suasana rumah menjadi lebih sejuk. Lebih dari itu, keuntungan lain dari model rumah ini adalah kemampuannya membuat rumah terlihat lebih luas atau lapang.

3. Contoh Model Rumah 2 Lantai Gaya Jepang

Masyarakat Jepang sangat terkenal dengan sifatnya yang rapi dan teratur. Hal tersebut juga dapat dilihat dari berbagai karya arsitektur yang mereka hasilkan. Model hunian 2 lantai minimalis memang sering datang dari Jepang, karena masalah lahan menjadi penyebab utamanya.

Sebagaimana model Skandinavia, model Jepang ini juga lebih mengedepankan prinsip minimalis. Karenanya model satu ini sangat cocok dan kami rekomendasikan untuk area yang sempit. Dengan penataan ruang yang maksimal dan dibuat fungsional, akan menghasilkan rumah yang ideal untuk penghuninya.

Selanjutnya, desain rumah 2 lantai pada lahan sempit dengan model Jepang ini mempunyai berbagai fitur yang simpel, namun tetap stand out dan rapi. Layaknya bungkusan tradisional pada produk, biasanya model rumah satu ini menggunakan kombinasi sentuhan klasik untuk memberikan kesan tradisional.

Nampak samping model rumah gaya Jepang, sumber: rumahtopp.blogspot.com
Nampak samping model rumah gaya Jepang, sumber: rumahtopp.blogspot.com

Perpaduan material kayu dan beton ekspos kerap kali digunakan untuk memperkuat struktur bangunan model ini. Dari segi bentuk, desain rumah Jepang mempermudah pembangunan pada lahan yang sempit dan menyederhanakan bentuk rumah, berikut detailnya yang minim.

Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Pada dasarnya, pemilihan desain hunian 2 lantai dan biaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. selain itu, setiap model rumah 2 lantai yang Anda pilih tentu saja memiliki tawaran biaya yang berbeda.

Dengan demikian, hampir tidak bisa dipastikan secara pasti berapa tepatnya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mewujudkan salah satu dari tiga model rumah di atas. Sebab, jika material yang digunakan berbeda kualitasnya, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi biayanya.

Untuk itu, kami rekomendasikan pada Anda untuk melakukan konsultasi secara privat dengan jasa terkait yang ada disekitar Anda dan mudah untuk di akses. Anda juga bisa berkonsultasi pada kami terkait bangun membangun rumah hunian. Jika Anda sudah jatuh hati dengan model di atas, tunggu apalagi, segera hubungi kontak kami.

Demikianlah informasi mengenai rumah 2 lantai terbaik yang bisa Anda desain dengan berbagai model. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan baru pada Anda mengenai rumah.

Untuk melengkapi wawasan tersebut, Anda juga kami sarankan untuk membaca beberapa tulisan kami yang lainnya, seperti tulisan dengan judul membangun rumah sederhana di tengah kota berikut ini.


0 Comments

Leave a Reply