Jangan berpikiran sempit ketika anda hanya memiliki lahan sempit yang memanjang. Meskipun ruangnya lebih kecil, anda bisa melakukan pendekatan pada desainnya agar ruangan terlihat luas. Membangun desain rumah lahan sempit memanjang bisa dilakukan dengan beragam cara dan juga inspirasi. Anda bisa mencarinya di internet.

Teknik desain yang cerdas, penggunaan elemen desain interior yang kreatif dan beberapa sentuhan arsitektur yang luar biasa mampu mengakali lahan yang sempit menjad bangunan impian yang indah. Anda jangan bermimpi untuk memiliki ruang tamu yang luas, namun saatnya untuk berpikir out of the box dan memaksimalkan sumber daya, baik itu materi maupun ide untuk menciptakan mimpi anda.

Ada beberapa pendekatan desain rumah lahan sempit memanjang yang nantinya memandu anda dalam membangun hunian impian anda.

1. Konsep Ruangan Terbuka

Desain Rumah Lahan Sempit Memanjang
Rumah tampa depan yang sempit. Sumber darchitectdrawings.com

Konsep ini adalah hal yang penting dalam desain rumah dengan penampang muka yang sempit. Jangan terlalu banyak membuat sekat-sekat yang nantinya akan mempersempit ruangan anda. Biarkan dapur dan ruang makan ada pada satu ruangan yang memanjang. Bisa juga dengan menyatukan satu ruangan untuk ruang tamu dan juga ruang keluarga.

Dengan menyatukan area ini, ruang dioptimalkan dan setiap ruangan akan terlhat lebih lebar dan lega. Jika anda memberika sekat untuk ruang satu dengan yang lain, anda bisa menggunakan pintu geser yang tidak memakan banyak tempat untuk daun pintu. Selain itu menggunakan pintu kaca bisa menjadi alternatif untuk penghubung setiap ruangan.

2. Buat Plafon Tinggi

Bangunan yang memiliki ukuran lebar terbatas bisa diakali dengan membuat bangunan tersebut lebih tinggi agar terlihat lega. memaksimalkan ruang vertikal dengan langit-langit tinggi akan membuat ruangan terkecil sekalipun terasa besar dan lapang. Anda bisa menjadikan tinggi ruangan 2,7 meter, tetapi jangan takut untuk menjadikannya lebih tinggi lagi.

Untuk desain  rumah lahan sempit memanjang dengan dua lantai, pertimbangkan ruang kosong di atas dapur, ruang makan, atau ruang tamu. Bisa juga dengan memasang void pada bangunan. Void adalah ruangan kosong yang terdiri dari dua lantai. Void pada bangunan sangat bagus untuk sirkulasi udara, pencahayaan dan juga memberikan efek ruangan lebih longgar.

3. Pasang Pencahayaan Alami

Jika anda membuat rumah dengan langit-langit tinggi, anda bisa membuat beragam cara untuk memasukkan cahaya semaksimal mungkin ke dalam rumah anda. Untuk melakukannya bisa dengan menempatkan jendela, skylight, jendela highlight, dan pintu kaca yang ditempatkan di tempat yang tepat.

Jika ruangan sempit anda untuk mendapatkan cahaya harus menggunakan lampu, maka ruangan akan terkesan ‘tertutup’ dan panas di dalam ruangan akan bertambah. Karena itu dengan memaksimalkan pencahayaan alami, ruangan sempit anda akan terasa lebih longgar. Sinar matahari yang masuk dalam jumlah besar juga merupaka salah satu poin dari syarat rumah dan bangunan ramah lingkungan.

4. Ruang yang Tepat Guna

Dengan memiliki lahan yang sempit namun memanjang, anda mungkin perlu berputar otak untuk memaksimalkan penggunaan setiap ruangan. Jangan sampai setiap ruangan yang ada di rumah anda tidak digunakan secara maksimal. Anda bisa memanfaatkan ruangan di bagian bawah tangga untuk tempat penyimpanan.

Selain itu penggunaan dipan bertngkat untuk kamar tidur anak juga sangat direkomedasikan. Selain untuk penghematan penggunaan ruangan, plafon yang tinggi tidak menyulitkan anda dalam membuat konsep rancangan tempat tidur bertingkat.  

5. Palet Warna Terang

Nuansa warna bangunan yang cerah dan alami pada rumah anda dengan palet warna netral yang menggunakan corak putih atau putih tulang, kayu pirang, dan elemen bersahaja lainnya seperti kain tenun untuk dekorasi bisa sangat cocok dengan bangunan sempit anda. Warna-warna terang akan menghidupkan kembali ruangan sempit yang anda miliki dan akan memungkinkan cahaya yang alami terpantul ke seluruh ruangannya.

6. Lanskap yang Mengesankan

Meskipun lahan yang anda miliki berukuran sempit dan memanjang, anda tidak perlu meninggalkan dekorasi luar ruangan. Buat taman kecil di bagian depan rumah anda. Taman konsep vertikal dengan tanaman yang merambat menjadikan rumah anda akan terlihat asri meskipun berukuran sempit. Sekali lagi, pintu geser bisa menjadi pilihan untuk efisiensi ruangan.

7. Perhatikan Aspek Desain Lainnya

Dalam embangun bangunan desain rumah lahan sempit memanjang perlu memperhatikan beberapa aspek penting sebelum merancang desain bangunan. Inilah beberapa diantaranya

Desain Rumah Lahan Sempit Memanjang
Interior harus dimaksimalkan. Sumber YouTube
  • Tinggi bangunan dan jumlah lantai. Anda bisa membangun bangunan yang berada di lahan sempit dengan menggunakan dua lantai atau tiga untuk penambahan ruangan pada rumah anda.
  • Persentase yang dapat didirikan bangunan. Poin ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan ruang dalam dan luar ruangan.
  • Dampak terhadap lingkungan. Anda harus berkomunikasi dengan lingkungan jika aan membangun rumah seperti ini. Mungkin ada persyaratan seputar syarat kketinggian bangunan dan sebagainya. Di dekat markas militer terkadang bangunan memiliki syarat ketinggian maksimal.
  • Parkir. Anda perlu memikirkan dimana kendaraan anda akan diletakkan. Apakah akan membuat garasi sendiri atau ada lahan parkir umum yang bisa disewa. Termasuk mempertimbangkan akses, jumlah kendaraan yang dimiliki, dan lokasinya.

Itulah beberapa ulasan yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat desain rumah lahan sempit memanjang. Untuk anda yang masih bingung dalam menentukan perusahaan kontraktor bagunan untuk membuat huian impian anda, anda bisa mempercayakan kepada Sinergia Bhakti Persada yang berpengalaman dalam jasa konstruksi bangunan, desain bangunan, waterproofing dan anti rayap di Jogja.

Categories: Arsitektur

0 Comments

Leave a Reply