Lantai marmer adalah salah satu jenis lantai yang sering digunakan baik untuk rumah, hotel maupun perkantoran. Lantai marmer ini banyak dipilih orang dikarenakan kesan mewah dan elegan yang diciptakannya.

Marmer sendiri adalah batuan alami yang terbentuk dari metamorfosa batu gamping. Motif dan guratan yang ada pada marmer juga dihasilkan dari proses tersebut. Umumnya, marmer ditambang dalam potongan yang besar dan dipotong menjadi lempengan dan diolah lagi dengan dipoles agar mengkilap.

Maka, tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya. Jika Anda ingin menggunakannya juga, kami sarankan untuk mengetahui terlebih dahulu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan lantai jenis satu ini.

Keuntungan Memakai Lantai Marmer

Disaat menggunakan produk, apapun produknya yang pasti adalah orang normal akan mencari tahu terlebih dahulu apa value atau nilai yang ditawarkan oleh produk tersebut dibandingkan produk lainnya. Sama halnya dengan lantai marmer, apa saja keuntungannya? Simak ulasanya di bawah ini.

Marmer Tidak Mudah Tergores

Keuntungan pertama menggunakan lantai marmer adalah sifat marmer yang lebih tahan terhadap goresan. Lantai marmer tidak mudah tergores bahkan ketika hewan peliharaan Anda yang berkuku tajam berjalan dan bermain di atasnya.

Tampilah marmer, sumber: pixabay.com
Tampilah marmer, sumber: pixabay.com

Anda pun tidak perlu merasa khawatir dengan tampilan lantai yang rusak, sebab lantai satu ini tergolong material lantai yang cukup tangguh. Lantai marmer memiliki struktur yang sangat tangguh. Jadi, Anda bisa menempatkannya di area yang bahkan ramai oleh aktivitas.

Marmer Tahan Lama

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, marmer adalah batuan alami yang karenanya memiliki daya tahan yang cukup baik. Lantai marmer juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan berbagai iklim dan cuaca.

Mudah Dirawat

Marmer termasuk sangat mudah dalam perawatannya. Dibutuhkan waktu lama agar lantai marmer berubah warna menjadi kusam. Perawatan yang perlu Anda berikan adalah cukup dengan membersihkannya sebagaimana lantai pada umumnya, yakni dengan menyapu dan mengepel.

Agar kualitas dan kenaturalannya terjaga, jangan gunakan bahan kimia abrasif, sebab cairan jenis ini akan membuat warna lantai marmer menjadi lebih cepat kusam. Apabila marmer nampak kusam, Anda bisa membersihkannya dengan melakukan poles.

Sebagaimana manfaat waterproofing pada struktur bangunan untuk menjadi kuat dan kedap air, poles marmer juga bisa menjaga dan merawat motif dan guratan yang ada pada lantai Anda. Sehingga tampilannya tetap seperti baru dipasang.

Lantai marmer, sumber: pixabay.com
Lantai marmer, sumber: pixabay.com

Variasi Marmer yang Beragam

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa marmer adalah batuan alam yang memiliki motif yang cenderung berbentuk seperti guratan atau urat. Semua motif tersebut tersusun dari berbagai kandungan mineral yang berkilau. Perbedaan kuantitas kandungan mineral itulah yang membuat marmer memiliki banyak variasi.

Cocok untuk Setiap Ruangan

Lantai satu ini bisa Anda pasang di setiap area di rumah, hotel dan kantor Anda. mulai dari area teras, ruang tamu, dapur hingga kamar mandi. Karena pilihan variasinya yang banyak, Anda bisa menyesuaikan motifnya dengan area peruntukannya. Contoh, untuk di kamar mandi, gunakan marmer yang motifnya sedikit.

Tahan pada Suhu Panas

Keuntungan selanjutnya dari lantai marmer adalah bisa memberikan efek sejuk pada ruangan. Sebaliknya marmer memiliki sifat anti panas, bahkan tidak mudah untuk dibakar. Dengan alasan ini, maka marmer ini sangat cocok untuk daerah yang memiliki iklim tropis.

Desain Marmer yang Mewah

Marmer memiliki desain yang mewah dan elegan, hal ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Motif-motifnya yang beragam dan bervariasi ini menjadikannya sangat memikat dan mempunyai daya tarik tersendiri. Dengan desainnya yang mewah, marmer tentu saja bisa diaplikasikan pada rumah jenis minimalis hingga rumah mewah sekalipun.

Cara Memilih Lantai Marmer Sesuai Kebutuhan

Ketika memilih lantai marmer sebagai salah satu bahan bangunan rumah, ada baiknya Anda memperhitungkannya dengan matang. Hal tersebut karena mengingat harga dari lapisan lantai satu ini yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis pelapis lantai lainnya.

Kemewahan marmer, sumber: pixabay.com
Kemewahan marmer, sumber: pixabay.com

Sebelum Anda memilih toko atau perusahaan yang menawarkan marmer, pastikan Anda terlebih dulu berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah paham tentang marmer. Misalnya saja dengan tetangga yang pernah menggunakan jasa serupa, atau jasa desain interior yang berpengalaman, agar hasilnya sesuai harapan Anda. Cara yang bisa Anda coba antara lain adalah:

Sesuaikan dengan Jenis Ruangan

Marmer dengan warna terang bisa memberikan kesan ruangan yang seakan lebih lapang. Anda bisa menggunakan marmer warna terang ini pada ruang tamu atau pada ruang keluarga.

Sedangkan untuk ruang tidur, pilihlah marmer dengan warna gelap, seperti abu-abu dan sejenisnya. Sebab, warna gelap bisa memberikan kesan sejuk. Pada area dapur, Anda bisa menggunakan warna yang sama. Hal ini untuk meminimalisir timbulnya noda pada marmer.

Dan untuk lantai kamar mandi, Anda bisa menyesuaikannya dengan dinding agar suasananya lebih harmonis. Untuk Anda yang suka dengan warna yang serasi dan senada, tidak ada salahnya jika menyesuaikannya dengan warna wastafel atau dudukan toilet kamar mandi.

Sesuaikan dengan Furniture Rumah

Apabila Anda tergolong orang yang suka furniture besar pada ruang keluarga, kami sarankan untuk tidak memilih marmer dengan warna gelap di area tersebut, agar ruangan tidak terkesan sempit. Begitu pula dengan furniture dengan warna coklat, hindari menggunakan marmer dengan warna senada. Karena bisa menciptakan kesan sempit.

Marmer senada dengan furniture, sumber: google.com
Marmer senada dengan furniture, sumber: google.com

Sesuaikan dengan Budget

Hal yang paling penting adalah memiliki lantai marmer sesuai dengan kemampuan Anda. Agar Anda tidak kecewa dengan kualitas yang didapatkan setelah membeli marmer, pastikan sebelumnya Anda telah melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan Anda membeli marmer yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan isi kantong Anda.

Setelah mendapatkan marmer, langkah selanjutnya adalah mengangkut marmer tersebut ke tempat Anda. Apabila Anda membeli marmer tersebut di Kota Jogja, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Jogja untuk mengantar marmer dengan aman dan selamat.

Demikianlah, ulasan singkat mengenai lantai marmer untuk mewujudkan rumah impian jadi kenyataan. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. ikuti terus tulisan kami di PT Sinergia Bhakti Persada.


Amaleo Woha

Amaleo Woha adalah seorang Mahasiswa S1 Manajemen Bisnis Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI Hamfara) Yogyakarta angkatan 2019 | Content Writer di seoanaksholeh.com | Admin dimensi.id

0 Comments

Leave a Reply