Secara garis besar kita sudah mengetahui bahwa rayap merupakan serangga yang memakan perabot kayu hingga dapat menyebabkan kerusakan. Namun ternyata ada fakta unik lainnya dari rayap yang mungkin belum Anda ketahui beberapa diantaranya. Walaupun satu individu rayap berukuran kecil, namun mereka hidup dan menyerang perabot kayu secara berkoloni.

Saat rayap-rayap tersebut mulai menyerang parabot kayu, maka jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kerugian materil yang tidak sedikit. Salah satu kesukaan rayap adalah tempat yang lembab, terutama jika kayu yang ada di rumah Anda lembab. Tidak perlu waktu lama rayap-rayap tersebut akan mulai menyerangnya.

Untuk itu memiliki rumah yang konstruksinya dilapisi dengan waterproofing merupakan salah satu solusi agar perabot rumah tidak lembab. Karena sering terjadi saat musim hujan tiba rumah bocor, sehingga air dapat masuk ke dalam rumah. Anda bisa meminta bantuan dari jasa waterproofing Jogja untuk pengerjaannya, agar tidak memakan banyak waktu.

Bukan hanya itu saja, untuk menghindari rayap-rayap masuk ke dalam rumah Anda juga bisa menangkalnya menggunakan tanaman. Ada beberapa tanaman hias yang bisa mengusir rayap loh. Selain digunakan untuk mempercantik interior maupun eksterior, ternayata beberapa jenis tanaman hias juga mampu mengusir serangga. Misalnya saja nyamuk, rayap, dan yang lainnya.

Gambaran rayap yang menyerang kayu, Sumber : andersonpestsolutions.com
Gambaran rayap yang menyerang kayu, Sumber : andersonpestsolutions.com

Fakta Tentang Rayap

Berikut di bawah ini terdapat beberapa fakta mengejutkan mengenai serangga yang hidup secara berkoloni ini. Sudah penasaran bukan? Mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

1. Rayap Hidup dengan 3 Jenis Kasta

Yaps, hewan yang satu ini memang tergolong unik karena memiliki kasta di dalam siklus hidupnya. Kasta tersebut terdiri dari raja dan ratu, tentara, serta yang terakhir adalah pekerja. Kasta pekerja inilah yang merupakan kasta terendah di dalam dunia rayap. Mari kita kenali apa saja tugas dari rayap dengan 3 kasta ini.

Untuk yang pertama adalah kasta raja dan ratu, jika Anda sudah pernah melihat laron maka Anda juga sudah pernah bertemu dengan kasta raja dan ratu dari rayap. Laron ini merupakan kasta tertinggi dari koloni rayap, tugas dari raja dan ratu ini hanya untuk berkembang biak saja. Karena tugasnya berkembang biak, maka kasta ini memiliki jenis kelamin jantan dan betina.

Baca juga : Kayu Anti Rayap : Kenali Jenisnya!

Kasta kedua adalah tentara, yaps sama seperti tugas tentara pada umumnya yakni menjaga keamanan dari serangan musuh yang mengancam. Untuk kasta tentara ini tidak memiliki jenis kelamin layaknya kasta raja dan ratu. Kasta tentara memiliki karakteristik di tubuhnya yaitu dari segi warna kepalanya yang lebih pekat ketimbang warna dari badannya.

Kasta yang berikutnya adalah kasta pekerja, sama seperti kasta tentara kasta ini juga tidak memiliki jenis kelamin. Sehingga tidak ada yang namanya jantan dan betina dalam kasta ini. Tugas utama dari kasta pekerja adalah mencari makanan untuk kasta raja dan ratu serta kasta tentara. Selain itu kasta ini juga menyuapi kasta raja ratu dan juga kasta tentara.

Kasta raja dan ratu rayap, Sumber : istockphoto.com
Kasta raja dan ratu rayap, Sumber : istockphoto.com

2. Rayap Mandul dan Buta

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa rayap memiliki 3 jenis kasta yang berbeda. Untuk 2 jenis kasta dari rayap yakni tentara dan pekerja, mereka tidak memiliki penglihatan atau bisa dikatakan buta. Selain itu mereka juga tidak bisa berkembang biak alias mandul, karena seperti yang telah diketahui bahwa 2 jenis kasta tersebut tidak memiliki jenis kelamin.

Sehingga urusan berkembang biak dan melanjutkan keturunan adalah tugas kasta raja dan ratu sepenuhnya. Walaupun kasta pekerja ini buta, namun mereka tetap bisa mencari makanan dengan mudah. Karena rayap memiliki zat yang bernama feromon, fungsi dari zat ini adalah untuk mengetahui keberadaan koloninya.

Rayap tentara dan pekerja mandul serta buta, Sumber : safeguardpestcontrol.com.au
Rayap tentara dan pekerja mandul serta buta, Sumber : safeguardpestcontrol.com.au

3. Rayap Menggerogoti Perabot Secara Diam-diam

Ketika melakukan pekerjaannya, rayap sering disebut sebagai perusak yang tidak terlihat. Mengapa demikian? Karena saat rayap-rayap menyerang perabot kayu, mereka tidak terlihat dari tampakan luarnya. Sehingga perabotan masih terlihat bagus dari luar, namun ternyata sudah mulai rusak dan digerogoti rayap dari dalam.

Umumnya jenis rayap yang melakukan pekerjaan ini secara diam-diam dikenal dengan jenis rayap kayu kering. Sehingga fakta yang terjadi setelah beberapa waktu perabotan Anda hanya tersisa kulitnya saja, karena sudah habis diserang oleh rayap-rayap yang bersembunyi di dalam perabot kayu tersebut.

Koloni rayap menyerang secara diam-diam, Sumber : smarterpestcontrol.com
Koloni rayap menyerang secara diam-diam, Sumber : smarterpestcontrol.com

4. Rayap Menyebabkan Kerugian Properti

Akibat dari serangan rayap dapat menyebabkan kerugian properti yang tidak sedikit dan cukup besar. Oleh sebab itu jika dirasa di dalam rumah terdapat koloni rayap, maka segera meminta bantuan dari jasa anti rayap Jogja untuk membasmi rayap-rayap tersebut. Setidaknya Anda sudah berusaha untuk menangkal rayap menggerogoti properti Anda.

Akan sangat disayangkan bukan, hanya karena ulah rayap Anda harus kehilangan properti yang bernilai. Jadi sebelum terlambat, Anda perlu melakukan tahapan pencegahan untuk menekan risiko kehilangan properti akibat serangan rayap yang tidak terduga.

Rayap dapat menyebabkan kerugian properti, Sumber : terminix.com
Rayap dapat menyebabkan kerugian properti, Sumber : terminix.com

5. Rayap Tidak Pernah Kenyang

Rayap merupakan salah satu hewan yang rakus dan tidak pernah merasa kenyang. Sehingga mereka akan terus menggerogoti perabot kayu yang diserangnya. Bahkan selama hidupnya rayap pekerja tidak pernah tidur dan akan terus menggerogoti kayu yang mereka tinggali.

Rayap tidak pernah kenyang, Sumber : istockphoto.com
Rayap tidak pernah kenyang, Sumber : istockphoto.com

Itu tadi fakta unik sekaligus mengejutkan dari koloni rayap yang perlu Anda ketahui. Sedikit informasi tambahan untuk Anda yang ingin memiliki tampila lantai rumah menjadi semakin menawan, maka bisa menggunakan jasa aplikator epoxy Jogja untuk membantu pengerjaannya.

Terima kasih telah berkenan untuk membaca artikel di atas, semoga informasi tersebut membantu menambah pemahaman Anda mengenai rayap ya. Temukan berbagai informasi menarik lainnya di laman website PT. Sinergia Bhakti Persada.


0 Comments

Leave a Reply