Terkenal akan daya tahannya yang kuat terhadap perubahan suhu menjadikan kayu ulin banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Umumnya manfaat kayu ulin digunakan sebagai bahan bangunan. Dengan mulai banyaknya inovasi membuat kayu ulin juga bisa dijadikan sebagai bahan dari kerajinan dan furniture.

Dari beragam jenis kayu yang disediakan oleh alam. Kayu ulin menjadi salah satu kayu yang sering dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan. Karena terkenal sebagai kayu besi dan memiliki keunggulan serta kekuatan dalam menopang bangunan. Hampir semua daerah di Indonesia rumah adatnya menggunakan konstruksi dari kayu sebagai bahan utamanya misalnya rumah Gadang, Rumah Joglo, dan lain sebagainya.

Ada banyak keunggulan kayu ulin yang dapat dimanfaatkan, sehingga menjadi daya tarik banyak pengrajin dan kontraktor bangunan untuk menggunakan jenis kayu ini. Jika Anda belum mengetahui lebih jauh tentang kayu ulin. Pada artikel ini akan dibahas dan diulas berbagai informasi mengenai kayu ulin sebagai berikut.

Mengenal Lebih Dekat Kayu Ulin

Batang pohon kayu ulin, sumber tokolantaikayu.net
Batang pohon kayu ulin, sumber: tokolantaikayu.net

Kayu ulin adalah salah satu jenis kayu yang dihasilkan dari pohon ulin asli dari Indonesia. Pohon ini banyak tumbuh secara alami dan menyebar hampir di seluruh Pulau Kalimantan, Sumatera bagian Timur dan Selatan, Pulau Bangka, dan Belitung.

Pohon ulin memiliki nama latin Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn. Ada sebutan nama yang familiar digunakan biasanya adalah kayu besi, bulian atau orang di Sumatera Selatan biasa menyebutnya dengan kayu onglen. Walaupun memiliki sebutan nama yang berbeda manfaat kayu ulin yang dihasilkan tetaplah sama pada setiap daerahnya.

Di Indonesia kayu ulin sangat terkenal akan kekuatannya, sehingga sangat diminati banyak masyarakat untuk digunakan dalam menunjang berbagai kebutuhan dari kayu. Maka, tidak heran permintaan masyarakat terhadap kayu ulin terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Tinggi pohon ulin bisa tumbuh mencapai sekitar 30 sampai 50 meter dengan diameter lingkar pohonnya sekitar 60 cm hingga 120 cm. Pertumbuhan dan perkembangan dari pohon ulin tergantung dari kondisi alam dan juga perawatannya. Untuk kayu ulin yang dibudidayakan biasanya akan menghasilkan kualitas kayu yang sangat baik.

Ciri-Ciri Kayu Ulin

Untuk dapat membedakan  pohon kayu ulin dengan jenis pohon lainnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari pohon kayu ulin:

  • Kulit pohon yang licin, berwarna kuning atau kelabu muda.
  • Batangnya yang lurus dengan banir yang tumbuh tidak secara melingkar.
  • Ulin yang sudah dipotong akan menghitam jika lama terendam air.
  • Tekstur kayu nya kasar, sangat keras sehingga sulit digergaji, dan baunya aromatis.
  • Tidak memiliki banyak cabang pohon.

Jenis Kayu Ulin

Perlu untuk diketahui bahwa Ada 4 jenis kayu ulin yang tumbuh di Indonesia diantaranya:

  1. Ulin Tando dengan ciri memiliki warna batang coklat kemerahan.
  2. Ulin Lilin dengan ciri batang yang berwarna coklat gelap.
  3. Ulin Tembaga dengan ciri warna batang yang berwarna kekuning-kuningan.
  4. Ulin Kapur dengan ciri warna batang berwarna coklat muda.

Dari setiap jenis kayu ulin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk kekuatan kayu nya hampir sama yaitu, tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan tekstur yang keras.

Manfaat Kayu Ulin

Penggunaan kayu ulin sebagai konstruksi rumah, sumber archify.com
Penggunaan kayu ulin sebagai konstruksi rumah, sumber: archify.com

Tidak semua jenis kayu dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi. Perkembangan inovasi kayu  telah ada sejak dahulu salah satu contohnya menjadi bahan utama dari pembuatan pesawat terbang “Spruce Goose“. Jika ingin tahu lebih dalam mengenai ilmu dalam pembuatan pesawat, Anda bisa menempuhnya di kampus dirgantara.

Seperti kayu ulin juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kehidupan manusia serta lingkungan sekitar. Apa saja manfaat kayu ulin? berikut ini diantaranya: 

1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Bahan Baku Furniture

Karakteristik kayu ulin yang awet, keras, tahan rayap, dan tahan terhadap perubahan suhu. Ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan baku utama untuk pembuatan furniture. Kelebihan furniture yang menggunakan bahan baku dari kayu ulin adalah bisa bertahan sampai bertahun-tahun lamanya. 

2. Bisa Dijadikan Produk Kerajinan Perhiasan dan Aksesoris

Tekstur kayu ulin yang memiliki guratan unik dan cantik, bahkan ada anggapan bahwa lebih indah dari permata. Dengan adanya sebuah inovasi kayu ulin bukan hanya dimanfaatkan sebatas untuk bahan konstruksi dan furniture saja. Tetapi, bisa juga dijadikan sebagai produk perhiasan dan aksesoris seperti kalung, gelang, tasbih, dan lain-lain.

3. Memiliki Manfaat untuk Ekologi Sekitar

Jika dilihat dari segi ekologi, ternyata kayu ulin juga turut bermanfaat memberikan sumbangan bagi kelestarian alam. Sebagai contohnya, pohon ulin mampu mempertahankan penyimpanan air tanah, mencegah terjadinya erosi maupun longsor, serta menjadi habitat atau rumah bagi satwa.

4. Bisa Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan 

Manfaat kayu ulin tidak hanya berhenti di segi ekonomi dan ekologi. Ternyata pohon yang memiliki julukan kayu besi ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut didapatkan dari biji pohon ulin yang sudah dihaluskan. Biasanya digunakan untuk membantu mengatasi bengkak, menghitamkan rambut, serta mencegah tumbuhnya uban. 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Ulin

Kayu ulin gelondongan, sumber pinhome.id
Kayu ulin gelondongan, sumber: pinhome.id

Sekuat-kuatnya kayu ulin juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun demikian nya adanya, bukan berarti membuat Anda menjadi tidak ingin menggunakannya karena memiliki sebuah kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan kayu ulin bisa disesuaikan kembali dengan jenis kebutuhan dan penggunaannya. Dengan begitu Anda masih bisa mengandalkan kekuatan dan karakteristik kayu ulin untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Kelebihan Kayu Ulin

Berikut ini kelebihan kayu ulin yang diantaranya:

  • Memiliki tekstur kasar, kuat, sangat keras, dan awet.
  • Memiliki aroma yang khas, sehingga dapat memberikan  ketenangan dan membawa nuansa alami pada rumah.
  • Tahan terhadap serangan rayap atau hama kayu dan menjadi kayu anti rayap.
  • Mampu bertahan dengan baik terhadap perubahan suhu.
  • Mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Kekurangan Kayu Ulin

Berikut ini kekurangan kayu ulin yang diantaranya:

  • Memerlukan teknik pengolahan kayu yang mumpuni.
  • Termasuk ke dalam jenis kayu yang terancam punah.
  • Memiliki harga jual yang cukup tinggi.
  • Tidak mudah ditemukan di pasaran.
  • Tekstur kayu yang cukup padat dan keras, sehingga membutuhkan jenis paku yang sesuai.

Ternyata cukup banyak manfaat kayu ulin untuk berbagai jenis kebutuhan. Karakteristik kayu nya yang cukup bagus serta sangat cocok digunakan untuk konstruksi, furniture, dan lain sebagainya. Menjadikan kayu ulin tidak salah menjadi jenis kayu pilihan dan populer digunakan.


0 Comments

Leave a Reply