Anda ingin memiliki rumah sendiri? Tentu saja begitu. Memiliki rumah sendiri pasti menjadi idaman setiap keluarga. Apalagi rumah sendiri yang dirancang sesuai dengan keinginan sendiri, ini malah semakin ideal. Karena tentu saja tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama. Nah, mengetahui dasar-dasar konstruksi bangunan tidak selamanya hanya untuk para arsitek perancang bangunan. Dasar-dasar konstruksi bangunan adalah hal-hal praktis yang mudah diketahui. Mengetahui dasar-dasar konstruksi bangunan dan bahan-bahan konstruksi bangunan bisa membantu Anda membayangkan rumah seperti apa yang Anda inginkan.

Apabila mendengar kata konstruksi bangunan, umumnya yang terlintas di pikiran banyak orang ialah bangunan rumah, gedung, maupun ruko. Dalam konstruksi bangunan ada beberapa bagian yang wajib diketahui. Khususnya bagi orang yang ingin membuat bangunan agar tampak kokoh dan indah untuk dipandang.

Dasar-dasar Bagian Bangunan

Dasar-dasar konstruksi bangunan bisa membahas beberapa hal. Tetapi beberapa diantara yang bisa segera dipahami oleh orang awam adalah bangunan itu sendiri. Sebenarnya bangunan itu terdiri dari apa saja? Untuk memudahkannya, berikut akan diulas terkait bagian-bagian bangunan.

Bangunan Bagian Bawah

Bagian bawah bangunan adalah bagian tempat berdirinya bangunan. Tentu saja bagian ini selalu ada pada setiap bangunan. Berikut ini diantaranya :

1. Fondasi

Fondasi menjadi bagian bangunan yang langsung berhubungan dengan tanah yang keras. Karena terhubung langsung dengan tanah keras, maka fondasi sangat berguna untuk menahan seluruh beban bangunan sehingga bisa berdiri kokoh serta meneruskan beban tersebut ke tanah keras di sekitarnya. Ada tiga kriteria yang harus terpenuhi dalam pembuatan fondasi yaitu fondasi harus ditempatkan di tempat yang tepat dan aman.

Bagian Dasar Konstruksi Bangunan, sumber ig desartdesign
Bagian Dasar Konstruksi Bangunan, sumber ig @desartdesign

2. Balok Sloof

Balok Sloof bertumpu pada fondasi bagian atas. Balok Sloof berfungsi sebagai pengikat setiap bagian bawah hingga setiap kolom untuk menunjang fondasi bangunan. Selain itu, balok sloof berfungsi untuk menahan beban bangunan, agar tetap rata dan bisa mengurangi penurunan bangunan yang disebabkan oleh perbedaan kemampuan tanah dalam menahan beban bangunan.

Bangunan Bagian Atas

Bagian atas bangunan ialah yang berada di atas permukaan tanah atau di atas lantai yang ditopang oleh bagian bawah bangunan. Berikut adalah bagian dari bangunan bagian atas.

1. Dinding

Dinding atau tembok merupakan bangunan bagian atas yang terletak setelah balok sloof. Dinding berfungsi sebagai penutup bagian interior bangunan. Dinding yang terletak di bagian tengah bangunan, berfungsi sebagai penahan beban bangunan bagian atas. Jika dilihat dari bahan pembuatannya, dinding terbagi menjadi 3 jenis, yaitu dinding tradisional, semi-permanen, dan modern atau beton.

2. Ring Balok (Kolom) dan Ventilasi

Ring balok atau kolom merupakan bagian bangunan seperti tiang yang berada di antara setiap dinding yang berbeda. Ring balok berfungsi sebagai tumpuan dari konstruksi bagian atap bangunan serta sebagai pengikat pasangan dinding yang berbeda agar bangunan tidak runtuh. Ring balok terdiri dari beberapa komponen seperti beton, besi baja tulangan, dan cetakan beton.

Ring balok atau kolom terletak tepat di atas sloof. Sedangkan, ventilasi merupakan tempat keluar masuknya udara dari eksterior rumah. Yang dimaksud dengan ventilasi ini ialah pintu, jendela, atau lubang udara yang terdapat pada dinding bangunan.

3. Balok Latei dan Atap

Balok Latei atau balok lintel terletak di atas pintu atau jendela. Balok latei berfungsi sebagai penahan beban bangunan terhadap kusen. Dengan adanya balok latei, kusen bisa berdiri kokoh dan tidak melengkung ataupun patah. Fungsi terpenting ialah untuk menjaga agar kusen tetap berdiri kokoh meskipun sewaktu-waktu terjadi gempa. Kemudian ada atap yang berfungsi sebagai pelindung dari seluruh bagian interior bangunan dari cuaca seperti hujan, panas, salju, dan lain sebagainya. Selain itu atap berfungsi sebagai pelindung bagian privasi dari suatu bangunan.

Itulah sebagian dari dasar-dasar konstruksi bangunan yang praktis untuk diketahui. Selain bagian bangunan, tentu saja masih terdapat bahasan lainnya terkait dasar-dasar konstruksi bangunan yang juga dapat membantu Anda dan praktis untuk dipahami. Demikian ulasan dasar-dasar konstruksi bangunan terkait bagian-bagian bangunan. Simak ulasan lainnya terkait konstruksi bangunan, perawatan dan perbaikan bangunan di websiter sinergia.id. Silahkan share artikel ini. Terimakasih.


0 Comments

Leave a Reply