Memiliki lantai yang terlihat bersih dan mengkilap pasti menjadi idaman semua penghuni rumah. Tidak hanya enak dipandang, tapi lantai yang bersih juga menjaga kita dari berbagai penyakit yang bisa saja menempel pada permukaan lantai. Namun apabila kondisi lantai Anda sudah tidak mengkilap dan sulit untuk dibersihkan, Anda bisa mengikuti cara membuat lantai mengkilap yang akan kami bahas sesaat lagi.

Untuk mengembalikan kondisi lantai seperti baru lagi tidak bisa menggunakan bahan yang asal-asalan. Sama seperti bahan lanyard ID Card yang memiliki banyak jenis, lantai rumah juga memiliki jenis dan cara perawatan yang berbeda-beda . Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis lantai yang ada di rumah Anda untuk menentukan pembersih apa yang cocok untuk diaplikasikan.

Cara Membuat Lantai Acian Mengkilap

Salah satu jenis lantai yang menjadi tren saat ini adalah lantai acian atau yang juga disebut lantai semen ekspos. Jenis lantai ini biasanya digunakan pada rumah dengan gaya industrial dan minimalis. Kelebihan dari jenis lantai ini bisa membuat rumah terkesan lebih natural dan menyatu dengan alam. Namun, perlu beberapa trik untuk tetap mempertahankan kualitas lantai acian agar tetap terlihat mengkilap.

Membuat lantai acian mengkilap. Sumber: hgtvhome
Membuat lantai acian mengkilap. Sumber: hgtvhome

Proses mengembalikan kondisi lantai acian yang sudah kusam menjadi mengkilap lagi memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, proses tersebut akan terbayar setelah Anda melihat hasilnya. Selain menggunakan obat pengkilap lantai acian, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, seperti:

1. Ampas Kelapa Parut

Tahukah Anda bahwa ampas kelapa parut bisa digunakan sebagai bahan untuk mengkilapkan lantai acian? Cara penggunaan nya cukup mudah. taburkan ampas kelapa pada permukaan lantai, lalu gosok menggunakan tangan atau kaki. Tekan ampas kelapa tersebut dengan kuat dengan menggerakkan kaki atau tangan ke kanan-kiri. Lakukan proses ini pada semua permukaan lantai.
Setelah menggosokan ampas kelapa pada seluruh permukaan lantai, bersihkan ampas kelapa tersebut menggunakan kelapa. Biarkan minyak kelapa yang menempel agar bisa meresap ke dalam pori-pori lantai.

2. Serbuk Gergaji

Serbuk gergaji. Sumber: pixabay.com
Serbuk gergaji. Sumber: pixabay.com

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengkilapkan lantai acian adalah serbuk gergaji. Caranya adalah campur serbuk gergaji dengan beberapa tes minyak tanah ke dalam sebuah ember. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, lakukan teknik penggosokan seperti pada bahan ampas kelapa parut.

3. Cairan Lilin

Salah satu cara cepat untuk menghasilkan lantai acian yang mengkilap adalah dengan menggunakan cairan lilin. Caranya cukup mudah. Masukkan beberapa lilin ke dalam sebuah panci, lalu panaskan hingga lilin tersebut mencair. Jangan lupa tambahkan beberapa tetes minyak tanah ke dalamnya. Setelah semua batang lilin mencair, Anda bisa langsung menyiramkan cairan lilin tersebut pada permukaan lantai.

Namun perlu diingat, meskipun hasilnya bisa cepat mengkilap, namun ini hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, Anda harus mengulangi proses ini minimal setiap satu tahun sekali.

4. Solar

Cara mengkilapkan lantai plester dengan solar juga terbilang mudah. Sama seperti cara di atas. Balurkan solar yang masih segar dan bersih pada permukaan lantai kemudian gosokkan hingga rata. Diamkan sejenak, lalu bersihkan dengan lap kering hingga tidak ada sisa solar yang masih menempel pada lantai. Akan tetapi, penggunaan solar harus dilakukan secara hati-hati. Anda harus memastikan area tersebut terhindar dari sentuhan api.

5. Cat Epoxy

Cat Epoxy. Sumber: google.com
Cat Epoxy. Sumber: google.com

Untuk menghasilkan lantai acian yang mengkilap dengan cepat dan juga bisa bertahan lama, tentunya dibutuhkan bahan khusus yaitu cat epoxy. Salah satu manfaat cat epoxy yang jarang diketahui adalah bahan ini bisa membantu mengkilapkan lantai acian atau lantai semen. Dengan menggunakan cat epoxy, permukaan lantai acian Anda bisa terlihat mengkilap dan memberikan tekstur yang licin layaknya lantai marmer. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan jasa pengecatan epoxy agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Mengkilapkan Keramik

Keramik merupakan jenis lantai yang sering digunakan untuk memperindah lantai rumah. Namun akan sangat disayangkan apabila lantai keramik tersebut dibiarkan menjadi kusam dan tidak terawat. Namun apabila sudah terlanjur, Anda bisa mengikut cara berikut ini untuk mengkilapkan kembali keramik lantai rumah Anda.

Cairan untuk mengkilapkan lantai keramik

Hanya dengan menyapu dan mengepel saja tidak bisa menjadikan lantai keramik menjadi kembali mengkilap. Agar lantai keramik mengkilap kembali, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana dan terjangkau.

1. Cairan lemon, cara penggunaannya sangat mudah. campurkan perasan dari cairan lemon dan air hangat dengan perbandingan 1:3. Masukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut pada permukaan lantai. Diamkan beberapa saat, kemudian pel lantai dengan kain bersih.

2. Cairan cuka, sama seperti cairan lemon. Anda cukup mencampurkan cairan cuka dengan air hangat. Lalu, jadikan cairan tersebut sebagai cairan pembersih lantai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini minimal dua minggu sekali.

Cara Mengepel Lantai Agar Bersih dan Wangi

Cara mengepel lantai. Sumber: google.com
Cara mengepel lantai. Sumber: google.com

Lantai yang mengkilap saja tidak cukup. Untuk memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah, tentunya lantai harus berada dalam keadaan yang bersih dan wangi. Berikut adalah tips untuk mengepel lantai agar tetap bersih dan wangi.

  • Menjaga kebersihan pel, pel yang telah digunakan harus dibilas dengan deterjen agar kotoran dan bakteri yang menempel bisa hilang.
  • Gunakan air yang bersih, jangan terus menggunakan air yang sudah butek dan berbau. Gantilah air secara berkala agar tiap ruangan Anda bisa terjaga dari bau yang tidak sedap.
  • Menjaga kebersihan ember, biasanya sisa kotoran setelah mengepel akan menempel pada dasar ember. Jadi, pastikan selalu membersihkannya setelah Anda mengepel ruangan.

Gunakan pembersih lantai yang berkualitas, Anda bisa memilih produk pembersih lantai dengan kualitas baik agar bisa menghasilkan lantai yang wangi dan juga bersih.

Itulah tadi beberapa cara membuat lantai mengkilap yang bisa menjadi solusi bagi Anda. Untuk membuat lantai kembali mengkilap memang banyak caranya. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis lantai yang Anda gunakan. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal.


0 Comments

Leave a Reply