Sudah pernah dengar mengenai bangunan arsitektur tropis? Apa sih itu? Pengertian arsitektur tropis adalah sebuah konsep rumah yang digunakan untuk area yang masuk ke dalam wilayah beriklim tropis. Misalnya saja Indonesia, karena letaknya yang dilalui garis khatulistiwa menjadikannya salah satu negara yang beriklim tropis.

Di Indonesia sendiri rumah yang menerapkan konsep bangunan tropis ini cukup banyak. Contoh bangunan arsitektur tropis dapat dengan mudah dijumpai di daerah Bali. Banyak villa-villa yang menawarkan arsitektur tropis untuk wisatawan yang berkunjung untuk berlibur. Konsep ini sangat disukai oleh kebanyakan wisatawan yang menginap di Bali.

Konsep arsitektur tropis ini sangat cocok diterapkan di wilayah yang beriklim tropis. Wilayah yang termasuk ke dalam iklim tropis memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Terletak di wilayah antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS.
  • Biasanya di wilayah tropis ini memiliki curah hujan yang tinggi setiap tahunnya.
  • Tanah di iklim tropis lebih subur karena intensitas hujan yang tinggi dalam tenggat waktu yang panjang.
  • Wilayah dengan iklim tropis hanya memiliki 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau.
  • Pada daerah yang termasuk ke dalam zona tropis akan menerima cahaya matahari sepanjang tahunnya.

Intensitas hujan yang tinggi juga bisa menjadi masalah jika rumah Anda tidak dibangun sesuai standar. Karena biasanya rumah akan jadi mudah mengalami bocor atau rembes akibat hujan. Untuk mengakalinya, Anda bisa melapisi rumah dengan waterproofing. Anda bisa menggunakan jasa waterproofing Jogja untuk pengerjaannya.

Konsep arsitektur tropis, Sumber: archdaily.com
Konsep arsitektur tropis, Sumber: archdaily.com

Prinsip dari Bangunan Tropis

Penggunaan bangunan iklim tropis ini memiliki tujuan utama untuk memudahkan masyarakat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Apalagi suhu udara di wilayah tropis pada siang hari cukup panas, sehingga pembuatan konsep ini bertujuan agar penghuni rumah tetap nyaman untuk tinggal di wilayah beriklim tropis.

Adanya konsep arsitektur tropis ini juga dapat menghemat penggunaan energi yang berlebihan. Misalnya saja penggunaan AC, karena cuaca yang panas masyarakat akan cenderung mencari hal-hal yang membuat sejuk. Salah satu ciri dari rumah tropis adalah banyaknya ventilasi udara yang membuat udara sejuk dari luar dapat masuk ke dalam.

Baca juga: Informasi Tentang Umur Ketahanan Bangunan

Kunci utama yang harus terdapat pada hunian ialah kenyamanan. Rumah tropis dibuat untuk membantu penghuni lebih marasa nyaman untuk menghadapi iklim tropis. Sehingga bangunan juga dididirikan dengan menyesuaikan iklim yang ada di wilayah tropis. Aspek-aspek yang ada pada konstruksi akan dibuat tahan lama dan tahan akan cuaca ekstrim.

Karakteristik dari arsitektur tropis, Sumber: futurarc.com
Karakteristik dari arsitektur tropis, Sumber: futurarc.com

Ciri-Ciri Arsitektur Tropis

Ada beberapa karakteristik dari bangunan arsitektur tropis yang perlu Anda ketahui. Penasaran dengan ciri-ciri rumah ini? Mari simak penjelasan berikut.

1. Menggunakan Material Lokal

Untuk konsep bangunan dengan arsitektur tropis ini menggunakan material lokal. Penggunaan material lokal diklaim memiliki daya tahan yang lebih kuat untuk menghadapi cuaca ekstrim yang mungkin terjadi di daerah tropis. Penggunaan material arsitektur tropis ini biasanya memanfaatkan sumber daya sekitar.

2. Banyaknya Ventilasi

Pada rumah yang menggunakan konsep arsitektur tropis ini akan memiliki banyak penghawaan. Ventilasi udara ini digunakan supaya sirkulasi menjadi lebih baik, sehingga suasana di dalam rumah menjadi lebih sejuk dan asri. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penggunaan ventilasi yang banyak ini juga dapat menghemat energi.

Biasanya rumah akan lebih terbuka dan akan menggunakan banyak jendela. Penggunaan ventilasi ini juga baik untuk kelembaban ruang, jika ruangan lembab maka bisa mengundang rayap-rayap datang ke rumah. Rayap tersebut akan mengincar furniture kayu yang lembab.

Jika rumah Anda sudah terlanjur di serang rayap, maka Anda harus segera mengatasinya sebelum menyebabkan kerugian secara materi. Anda bisa mennggunakan jasa anti rayap Jogja untuk membasmi rayap-rayap yang bersarang di dalam rumah. Setelah rayap tersebut pergi, Anda perlu memperbanyak ventilasi agar ruangan tidak lembab.

Banyak penghawaan pada rumah, Sumber: archello.com
Banyak penghawaan pada rumah, Sumber: archello.com

3. Bentuk Atap Miring

Karakteristik selanjutnya dari bangunan arsitektur tropis ialah bentuk atapnya miring. Pergantian cuaca di wilayah tropis cukup signifikan, untuk mengatasi kerusakan yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrim tersebut diperlukan penanganan yang tepat. Salah satunya menggunakan bentuk atap yang miring.

Kemiringan dari atap rumah tropis ini sekitar 30 derajat. Hal tersebut mencegah dari kondisi-kondisi yang terjadi akibat cuaca ekstrim (baik hujan maupun panas). Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat atap ini dari kayu, baja ringan, dan yang lainnya.

4. Terdapat Banyak Tanaman

Ciri yang paling mencolok dari bangunan arsitektur tropis ini terletak pada banyaknya tanaman yang ada disekitar hunian. Tanaman hijau tersebut tidak hanya ada di halaman rumah saja. Namun juga ada berbagai jenis tanaman yang diletakkan di dalam rumah. Dengan adanya tanaman ini dapat menambah kesejukan rumah.

Konsep rumah tropis ini juga banyak diterapkan pada daerah yang berada di kawasan pantai. Karena pada waktu siang daerah pantai akan mengeluarkan hawa yang cukup panas, sehingga adanya tanaman hijau ini dapat membantu menstabilkan hawa. Udara akan terasa lebih asri dengan adanya tanaman hijau ini.

5. Adanya Tritisan

Ciri selanjutnya terdapat tritisan pada rumah tropis. Tritisan ini merupakan sebuah atap tambahan yang biasanya dibuat terpisah dari atap utama, namun juga bisa bagian perpanjangan dari atap bangunan. Tristisan ini digunakan sebagai peneduh dari cuaca ekstrim, baik itu curah hujan yang tinggi maupun teriknya matahari.

Terdapat banyak tumbuhan di sekitar rumah, Sumber: architizer.com
Terdapat banyak tumbuhan di sekitar rumah, Sumber: architizer.com

Untuk membuat rumah dengan konsep arsitektur tropis Anda bisa menggunakan jasa konstruksi yang profesional. Konsep arsitektur ini dapat membantu Anda untuk lebih mudah beradaptasi dengan iklim tropis.

Terima kasih telah menyimak artikel di atas, Anda bisa mendapatkan informasi menarik lain dengan mengakses website kami. Ada berbagai informasi menarik seperti desain rumah anti banjir dan yang lainnya. Ikuti artikel dari PT. Sinergia Bhakti Persada selanjutnya.


0 Comments

Leave a Reply