Membangun rumah adalah perkara yang rumit, baik dikerjakan dengan dengn perencanaan sendiri atau di percayakan kepada kontraktor. Kjika menggunakn jasa kontraktor, anda harus memilih jasa kontraktor terpercaya dan hal ini tidaklah mudah. Untuk pelaksanaan pembangunan rumah hunian dengan perencanaan sendiri, anda harus memperhatikan beberapa tips agar pembangunan tidak memakan biaya yang membengkak. Inilah tips menghindari pembengkakan biaya membangun rumah.

1. Jangan Salah Dalam Perhitungan

menghindari pembengkakan biaya membangun rumah
Bangunan harus menggunakan perhitungan matang. Sumber Unsplash

Perhitungan dalam proyek harus benar-benar tepat. Anda dituntut harus mengetahui segala biaya yang harus di keluarkan. Mulai dari biaya pembelian material bangunan, biaya tukang bangunan dan pembantunya, bahkan sampai perencanaan biaya konsumsi. Jika hal ini kurang di perhatikan maka biaya pembangunan rumah bisa membengkak di luar perkiraan.

Jik anda kurang berpengalaman dalam hal ini, anda bisa meminta tolong orang yang anda percaya dan memiliki ccapabilitas dalam hal ini seperti mandor bangunan, tukang bangunan, ahli teknik sipil dan sebagainya. Bisa juga dengan melakukan survey harga bahan di pasaran.

Karena itulah, untuk menghindari perhitungan yang rumit, sebagian orang mengandalakan jasa kontraktor bangunan yang dipercaya dalam pembangunan rumahnya. Atau menggunakan sistem borongan untuk menyederhanakan perhitungan, sehingga orang lain yang akan menghitung dengan detail. Namun hal ini tentu ada kekurangan dan kelebihannya.

2. Pelaksanaan Harus Sesuai Rencana

Sebelum membangun rumah tentu saja akan di laksanakan dulu perencanaan. Perencanaan haruslah detail dan berurutan. Selain memudahkan pengerjaan, perencanaan yang benar bisa menghindari pengerjaan yang tidak tepat waktu. Denagn perencanaan yang tepat mk pengerjaan suatu proyek bangunan akan di laksanakan dengan berurutan.

Demikian dalam hal bentuk bangunan. Jangan sampai di tengah jalan terjadi perubahan desain bangunan. Karena itu, sebelum benar-benar melaksanakan proyek pembangunan mak pastikan desain benar-benar fix dan tidak ada perubahan besar. Terkadang adanya perubahan bentuk dsain di tengah jalan menjadikan biaya pembangunan rumah menjadi membengkak.

3. Perhitungan Detail

Sebaiknya ketika melakukanperhitungan dalam rencana pembanguan sebuah rumah harus dihitung dengan detail. Jangan remehkan hal-hal kecil tetapi akan terjadi pengeluaran terus menerus meskipun kecil jumlahnya. Seperti pembelian paku, engsel pintu dan barang-barang kecil lainnya yang mungkin menurut anda memiliki harga yang kecil.

Namun ketahuilah, sesuatu yang memiliki hrga kecil tersebut jika menumpuk akan menjadi pengeluaran yang besar dan menjadikan kita terbebani jika tidak ada dana untuk mem-back up. Karena itulah perhitungan harus benar-benar jeli dan detail. Namun jangan pula menghitung dengan ‘gebyah uyah’ dengan asumsi menghindari kehabisa material. Karena hal ini juga akan menyisakan banyak material ketika pembangunan telah selesai.

4. Memilih Waktu Yang Tepat

Saat merencanakan melakukan pembangun rumah hendaknya memilih waktu yang tepat. Hal ini terkait dengan cuaca. Saat musim penghujan maka proses pembangunan sebuah bangunan akan menjadi terhambat. Bahkan tenaga bangunan tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaannya jika hujan datang, seperti saat mengerjakn pengerjaan tembok.

Hal ini akan menjadi tidak efektif, karena anda tetap membayar tenaga bangunan dengan upah penuh namun pekerjaan yang dikerjakan tidak berjalan dengan baik karena hujan. Hal inilh yng akan menjadikan biaya pembangunan rumah menjadi membengkak. Waktu yang tepat adalah setelah musim penghujan, dan bukan saat bulan puasa jika tenaga bangunan yang dipilih jelas berpuasa.

5. Tenaga Bangunan Yang Bisa Dipercaya

Selain menentukan waktu yang tepat, anda juga harus jeli dalam memilih tenaga bangunan yang anda percaya untuk menyelesaikan pembangunan rumah. Apalgi pekerjaan yang anda percayakan menggunakan sistem upah harian. Pastikan tenaga bangunan yang anda pilih bisa di percaya dan tidak melakukan kecurangan.

menghindari pembengkakan biaya membangun rumah
Tenaga bangunan. Sumber Unsplash

Terkadang tenaga bangunan yang nakal hanya menghabiskan waktu saja dalam pengerjaannya tanpa bekerja dengan maksimal. Karena semakin panjang hari pengerjaan yng di lakukan, maka tenaga bangunan tetap saja mendapat bayaran penuh meskipun pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal bahkan mengkorupsi waktu. Lebih baik lagi jik anda melakukan pengawasan sendiri.

Demikianlah tips menghindari pembengkakan biaya membangun rumah. Anda bisa melakukan hal ini jika pembangunan rumah anda di handle oleh anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang desain rumah Jogjlo yang berstruktur unik hanya di website ini. Terima kasih.

Categories: Tips

0 Comments

Leave a Reply