Saat ini berbagai bangunan baik itu rumah hunian ataupun bangunan publik banyak yang menggunakan konstruksi rangka baja ringan. Keunggulan konstruksi baja ringan memang ada pada umur ketahanan bangunan. Sehingga meskipun harus mengeluarkan biaya lebih daripada menggunakan konstruksi konvensional namun sebagian masyarakat memilih konstruksi baja ringan.

Sebenarnya seperti apa konstruksi baja ringan yang saat ini populer digunakan? Biasanya konstruksi baja ringan di gunakan pada pembuatan rangka atap aai plafon. Bahan yang digunakan biasanya bahan logam padua yang sudah di produksi dengan berbagai ukuran dan bentuk. Galvalum, perpaduan antara galvanis dan aluminium menjadi salah satu bahan yang sering digunakan. Lantas seperti apa keunggulan konstruksi baja ringan pada bangunan? Inilah penjelasannya !

Keunggulan Konstruksi Baja Ringan
Atap dengan konstruksi baja ringan. Sumber dekoruma.com

1. Memiliki Kekuatan Yang Cukup

Keunggulan konstruksi baja ringan yang satu ini biasanya yang di jadikan dasar mengapa banyak orang memilih baja ringan. Dengan bahan yang sudah di padukan dari berbagai jenis logam maka akan di dapati berbagai sifat dari berbagai bahan paduan tersebut. Salah satunya adalah memiliki kekuatan yang cukup jika di jadikan rangka atap.

Jika anda akan membangun rumah tahan gempa maka pastikan menggunaan struktur rangka dari baja ringan. Karena kekuatan dari baja ringan tidak diragukan lagi. Meskioun memiliki kekutan yang tidak diragukan lagi tetapi dalam penggunaannya harus memperhatikan desain konstruksi dan jugajenis atap yang digunakan. Atap baja ringan bisa menjadi alternatif pilihan daripada atap konvensional.

2. Bobot Lebih Ringan

Perpaduan berbagai bahan logam menjadi baja ringan menjadikan salah satu sifat ada pada produk baja ringan. Sifat bahan yang ringan namun kuat menjadi landasan pemilihan baja ringan. Bobot yang ringn memiliki kelebihan diataranya adalah waktu pemasangan menjadi jauh lebih cepat karena bobot yang ringan memudahkan pekerjaan.

Selain memudahkan pekerjaan, keunggulan konstruksi baja ringan ini dapat memberikan efek kerusakan yang lebih kecil ketika terjadi gempa jika dibandingkan dengan konstruksi konvensional seperti penggunaan kayu. Apalagi konstruksi baja ringan ini dipadukan dengan atap yang juga berbahan baja ringan.

3. Anti Keropos dan Rayap

Jika menggunakan kayu sebagai struktur rangka atap suatu bangunan apalagi bangunan desain rumah Joglo yang hampir keseluruhan konstruksinya adalah kayu maka untuk menjaga agar konstruksi awet di gunakanlah formula anti rayap yang biasanya disediakan oleh jasa anti rayap. Namun berbeda dengan penggunaan konstruksi baja rigan.

Keunggulan konstruksi baja ringan adalah selalu aman dari hama rayap yang mengganggu. Selain itu ancaman keropos karena termakan usia atau cuaca juga kecil kemungkinannya. Meskipun demikian, menggunakan baja ringan juga harus memperhatikan faktor usia. Semakin lama barang di gunakan maka bahan dari suatu barang tersebut semakin menurun kualitasnya.

4. Hemat Waktu Pemasangan

Batang baja ringan sangat mudah di potong dan disambung, baik menggunakan baut ataupun dengan las. Karena itulah menggunakan bahan baja ringan sebagai konstruksi atap menjadikan pemasangan konstruksi lebih mudah untuk di buat presisi. Tidak seperti kayu yang membutuhkan watu lama untuk membuat bentuk konstruksi yang presisi.

Karena pemasangan menjadi lebih mudah dan cepat, biasanya membangun rumah type minimalis menggunakan konstruksi baja ringan pada atapnya. Keunggulan konstruksi baja ringan lainnya adalah memiliki konsistensi bentuk jika di aplikasikan dengan benar.

5. Tidak Membesarkan Api

Bahaya kebakaran bisa terjadi kapan saja. Dan kebakaran akan menjadi lebih buruk jika bangunan yang terbakar memiliki konstruksi kayu dengan jumlah besar. Rumah hunian pada masa lalu sebagian besar konstruksinya masih menggunakan kayu sehingga rawan kebakaran. Namun untuk menghindari dampak buruk kebakaran anda bisa menggunakan struktur baja ringan pada rangka atapnya.

Keunggulan Konstruksi Baja Ringan
Konstruksi baja ringan. Sumber homebuilding.co.uk

Apakah dengan menggunakan baja ringan akan terbebas dari kebakaran? Tentu saja tidak, karena di dalam rumah tentu masih banyak bahan yang mudah terbakar seperti kasur, bantal, almari pakaian dan sebagainya. Hanya saja dengan menggunakan bahan baja ringan pada struktur bangunannya api yang merembet tidak akan cepat secepat bangunan dengan struktur rangka atap dari kayu.

Itulah ulasan mengenai keunggulan konstruksi baja ringan pada rumah hunian. Semoga anda bisa terbantu dalam memilih beragam jenis konstruksi bangunan saat akan membangun suatu bangunan. Untuk hasil yang terbaik, anda bisa mempercayakan pembangunannya kepada jasa kontraktor bangunan Jogja yakni PT Sinergia Bhakti Persada. Terima kasih.


0 Comments

Leave a Reply