Dalam perawatan rumah, rayap merupakan salah satu hama yang mengganggu. Hama ini sering menjadi masalah yang ditemui pada kontruksi bangunan serta perabotan atau furniture yang memungkinkan hama ini berkembang. Rayap ternyata tidak bisa disepelekan sehingga diperlukan tips membasmi rayap.

Sebenarnya, jika dilihat dari alam, rayap memiliki manfaat tersendiri yaitu sebagai pengurai. Sehingga benda-benda yang tidak mudah rusak dan mencemari lingkungan, oleh rayap akan diurai dan akhirnya benda-benda tersebut hilang dan tidak mencemari lingkungan. Namun berbeda jika hama yang satu ini sudah berada di lingkungan rumah atau berada di rumah.

Dampak rayap bisa sampai menghancurkan konstruksi bangunan. Entah benar atau tidak, pernah ditemukan rayap yang bisa sampai menghancurkan tembok. Sehingga bagi dunia konstruksi hama ini termasuk masalah yang harus diselesaikan. Untuk menyelesaikannya, berikut terdapat tips untuk membasmi rayap pada konstruksi bangunan.

Tips Membasmi Rayap pada Konstruksi Bangunan

Rayap merupakan jenis hama yang kerapkali dijumpai. Selain itu, rayap juga kerap dianggap sebagai hama yang merusak benda yang berada di dalam rumah yang biasanya terbuat dari kayu. Oleh karena itu rayap kerap tidak disukai oleh sebagian orang. Nah, apabila Anda menemukan masalah akibat hama yang satu ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

Anti Rayap
Anti Rayap

1. Mencegah Munculnya Rayap

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Sehingga mencegah adalah cara terbaik untuk membasmi rayap. Bagaimana agar dapat mencegah rayap masuk ke dalam lingkungan rumah kita?

– Merancang rumah dengan sirkulasi udara yang baik

Perlu dilakukan pemeriksaan terhadap lingkungan sekitar tempat Anda akan mendirikan bangunan. Jika saat didirikan bangunan, tidak ada udara yang dapat masuk ke dalam bangunan dengan sirkulasi yang baik, maka bagian dalam ruang bangunan akan lembap. Keadaan dalam bangunan yang lembap dan tidak dimasuki cahaya matahari dan udara luar akan disenangi oleh rayap.

– Merancang luar rumah yang mudah menyerap air

Bagian luar rumah Anda, seperti halaman atau bagian belakang rumah perlu dirancang agar tidak menjadi genangan air. Rancangan seperti ini sudah sering ada, yaitu agar pada saat hujan atau lembap, aliran air akan terbuang keluar sehingga tidak menjadi genangan. Apabila tidak ada genangan, maka perkembang biakan rayap yang sering terjadi pada genangan akan dihilangkan. Sehingga tidak ada rayap yang dapat mengkontaminasi bangunan konstruksi rumah apalagi bagian dalam rumah.

– Merancang saluran air yang tidak bocor

Air merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus ada. Maka, pada setiap bangunan memang harus terdapat saluran air. Nah, saluran air yang bocor atau merembes pada bagian bangunan seperti dinding bangunan akan memberikan tempat hidup serta perkembangbiakan bagi rayap. Apabila dirancang dengan baik sehingga tidak bocor dan merembes, bagian bangunan akan tetap kering dan terjaga dari hama rayap.

2. Menutup retakan pada dinding

Tips membasmi rayap pada bangunan selanjutnya adalah menutup segala macam retakan pada dinding rumah. Apabila bangunan sudah berusia lumayan lama, maka seringkali ditemukan retakan-retakan pada dinding rumah. Bisa saja retakan ini tidak memiliki dampak apa-apa, tetapi juga dimungkinkan terdapat hama rayap dibaliknya.

Hal ini oleh karena bisa saja terdapat kayu dalam konstruksi dinding rumah. Kayu tersebut sudah dimakan rayap atau menjadi tempat tinggal rayap. Awalnya hal ini tidak mengkontaminasi rumah. Namun saat terdapat retakan pada dinding rumah, baru kemudian hama rayap menjalar hingga ke dalam rumah.

Karenanya, perlu diperhatikan apabila terdapat retakan pada dinding bangunan rumah Anda. Jika terdapat retakan, segera lakukan perbaikan dengan cara menutup atau menghilangkannya.

3. Menjemur furniture yang terbuat dari kayu

Tips membasmi hama yang satu ini sebagaimana ungkapan ada gula ada semut. Furniture yang terbuat dari kayu menjadi ibarat gula yang dapat menarik hama rayap ke dalam rumah. Sebelum kemudian menyebar, maka perlu dilakukan pencegahan, salah satu caranya adalah menjemur furniture yang terbuat dari kayu ini. Namun hal ini tidak perlu dilakukan apabila terdapat pencahayaan yang bagus di dalam rumah.

Melakukan Pencegahan Hama Rayap
Melakukan Pencegahan Hama Rayap

4. Membasmi rayap menggunakan bahan-bahan yang ada

Jika Anda menemukan rayap pada bagian-bagian rumah Anda, atau pada furniture dan perabotan kayu yang terdapat di rumah, maka basmilah dengan bahan-bahan yang dapat membasmi rayap. Beberapa diantaranya adalah air bekas cucian beras, air rendaman daun kemangi dan kapur barus. Bahan-bahan ini terbukti dapat membasmi rayap meskipun tidak benar-benar ampuh seperti bahan kimia yang dapat mematikan rayap yang dipakai oleh jasa anti rayap.

5. Bersihkan rumah dari perabotan yang tidak terpakai

Biasanya terdapat berbagai peralatan yang tidak terpakai yang diletakkan pada bagian rumah. Atau bahan-bahan kayu sisa pakai atau bekas pakai yang juga tersimpan di salah satu tempat di lingkungan rumah. Keberadaan peralatan dan bahan-bahan bekas ini lama kelamaan akan menjadi salah satu yang mengundang rayap.

Solusinya bisa dengan beberapa cara. Misalnya, barang-barang bekas yang tidak terpakai segera dijual atau diserahkan kepada siapapun yang dapat memanfaatkannya. Dengan begitu potensi munculnya rayap karena berbagai peralatan bekas yang tersimpan dapat dihindari.

Itulah berbagai tips membasmi rayap yang dapat Anda praktekkan. Apabila sudah sulit ditangani, Anda dapat menghubungi jasa pembasmi rayap yang biasanya memberikan pelayanan untuk membasmi rayap pada bangunan konstruksi. Jika ingin informasinya, bisa terlebih dahulu melihat keuntungan menggunakan jasa anti rayap.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai ulasan terkait konstruksi, jasa waterproofing dan lainnya di halaman sinergia.id. Matur nuwun.

Categories: Anti Rayap

0 Comments

Leave a Reply