Media Marketing Online – Seiring perkembangan zaman, dari segi teknologi juga mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini semua aktivitas bisa dilakukan melalui mobile dengan sambungan internet. Tidak terkecuali dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada khalayak ramai, misalnya saja untuk jasa kontraktor.

Jika dulu para pengusaha menggunakan media promosi offline, lain halnya dengan saat ini. Di era modern ini, banyak pengusaha yang mulai menggunakan media pemasaran online untuk mengembangkan produk atau jasa yang ditawarkannya. Bukan tanpa sebab, promosi melalui online diyakini lebih efektif dalam menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Berbagai media sosial saat ini juga dimanfaatkan sebagai digital marketing UMKM. Banyaknya orang yang menggunakan sosial media menjadikannya sebuah peluang emas bagi pengusaha untuk mulai mempromosikan produk ataupun jasa kepada khalayak ramai. Menggunakan media marketing online ini juga lebih murah daripada jalur offline.

Media marketing online, Sumber: ukmindonesia.id
Media marketing online, Sumber: ukmindonesia.id

Anda tidak perlu mencetak banyak brosur untuk menawarkan produk atau jasa yang Anda miliki. Cukup melalui online Anda sudah bisa menawarkan jasa Anda, misalnya saja untuk jasa waterproofing Jogja, aplikator epoxy Jogja, hingga anti rayap Jogja. Istimewanya lagi meskipun usaha Anda berada di Jogja misalnya, namun bisa dijangkau oleh konsumen dari luar Jogja.

Sudah saatnya bagi Anda yang memiliki bisnis untuk mengembangkan usaha Anda menjadi lebih baik. Ikutilah perkembangan zaman dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jangan sampai bisnis Anda tertinggal jauh dengan bisnis kompetitor yang mulai memanfaatkan digital marketing untuk mempromosikan usahanya.

Berbagai Media Marketing Online

Untuk mengembangkan bisnis di era digital seperti saat ini, Anda perlu menggunakan media promosi pemasaran online. Ada berbagai media online yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Berikut beberapa media marketing online yang bisa Anda gunakan.

1. Website Bisnis

Pada saat ini berbagai perusahaan telah memiliki website bisnis sebagai media marketing online. Selain itu website bisnis ini juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya, salah satunya yakni dapat meningkatkan kredibilitas sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut akan terlihat lebih profesional dengan dilengkapi website bisnis di dalamnya.

Namun tidak hanya sekedar memiliki website lalu bisa mendatangkan trafik. Perlu dilakukan optimasi agar website Anda mendatangkan trafik yang berkualitas. Untuk optimasi website bisa dilakukan dengan teknik SEO (Search Engine Optimization). SEO digunakan untuk mengoptimalkan website agar meraih peringkat teratas pada mesin pencarian di internet.

Berbagai perusahaan kontraktor seperti PT Sinergia Bhakti Persada juga menggunakan website bisnis untuk mengembangkan usahanya. Melalui website, calon klien akan terbantu untuk mendapatkan informasi yang diberikan oleh perusahaan.

Laman website PT Sinergia Bhakti Persada, Sumber: PT Sinergia Bhakti Persada
Laman website PT Sinergia Bhakti Persada, Sumber: PT Sinergia Bhakti Persada

2. Facebook

Facebook juga termasuk ke dalam pemasaran online menggunakan media sosial. Di Indonesia sendiri hingga saat ini masih banyak sekali yang menggunakan Facebook untuk mengakses banyak hal, tidak terkecuali dalam memasarkan bisnisnya.

Dilansir dari laman web Databoks berdasarkan data yang diperoleh dari Internetworldstats, tercatat pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta pada akhir Maret 2021. Data tersebut setara dengan 63,4% dari jumlah total populasi di Indonesia yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2021).

Facebook, Sumber: id.wikipedia.org
Facebook, Sumber: id.wikipedia.org

3. Instagram

Pemanfaatan media sosial untuk pemasaran online selain Facebook ialah Instagram. Di Instagram ini Anda bisa mempromosikan berbagai produk atau jasa yang Anda tawarkan secara gratis maupun berbayar. Apabila Anda ingin menjangkau target pasar lebih luas lagi, Anda bisa menggunakan salah satu fiturnya yakni Instagram Ads.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Kontraktor Terpercaya

Sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki, jika Anda punya budget lebih untuk menggunakan fitur Instagram Ads maka boleh saja. Namun jika Anda belum memiliki budget maka Anda bisa memanfaatkan fitur gratis lainnya, seperti penggunaan hastag untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Instagram, Sumber: tekno.kompas.com
Instagram, Sumber: tekno.kompas.com

4. Twitter

Dulunya Twitter hanya dijadikan sebagai tempat menuliskan cerita, namun saat ini sudah banyak yang mulai memanfaatkan Twitter sebagai media marketing online. Anda bisa mengenalkan berbagi produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui media sosial ini.

Twitter bisa dijadikan tempat komunikasi yang memudahkan penjual dengan pembeli berinteraksi. Jika Anda ingin menjangkau target market lebih luas lagi Anda bisa menyewa buzzer untuk membantu mempromosikannya. Namun tidak gratis ya, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa buzzer tersebut.

Twitter, Sumber: tek.id
Twitter, Sumber: tek.id

5. TikTok

Semenjak pandemi covid-19 mulai masuk di Indonesia, TikTok menjadi salah satu platform yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu TikTok juga dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa dari pelaku bisnis. Di sini, pelaku bisnis bisa menawarkan berbagai produk yang di jual kepada konsumen.

TikTok, Sumber: suara.com
TikTok, Sumber: suara.com

6. Marketplace

Media marketing online selanjutnya ialah marketplace. Ada banyak marketplace yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda secara online. Ada beberapa marketplace yang ada di Indonesia, misalnya saja seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak marketplace lainnya.

Penggunaan marketplace ini juga dinilai cukup efektif untuk pemasaran online. Jadi selain mempermudah konsumen untuk mengetahui produk Anda, di marketplace juga bisa langsung melakukan transaksi jual beli. Bahkan hingga pengiriman barang juga sudah diatur di marketplace tersebut.

Marketplace, Sumber: tribunnews.com
Marketplace, Sumber: tribunnews.com

Mari manfaatkan berbagai media promosi untuk pemasaran online supaya bisnis Anda lebih berkembang lagi. Melalui konsep digital marketing, bisnis yang Anda jalani dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, Anda bisa menerapkan media promosi untuk pemasaran online agar bisa bertahan dan terus berkembang.

Terima kasih telah menyimak artikel di atas mengenai media marketing online bagi jasa kontraktor. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seperti memahami pentingnya RAB bangunan rumah dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan informasi tersebut Anda bisa mengakses laman website PT. Sinergia Bhakti Persada.


0 Comments

Leave a Reply