Mengetahui material untuk membangun rumah adalah salah satu yang diperlukan. Meski Anda bukan seorang kontraktor atau pekerja bangunan, informasi tentang material bangunan rumah harus menjadi pengetahuan pemilik rumah. Dengan mengetahui informasi ini, setidaknya bisa membuat kita mengerti tentang bagaimana mendirikan rumah ideal atau bahkan cara merawat bangunan rumah Anda.

Jika Anda ingin memiliki rumah, mengetahui informasi tentang material bangunan dapat bermanfaat ketika sedang membuat perencanaan pembiayaan. Jasa kontraktor bangunan seperti sinergia.id memang akan memberikan penjelasan, namun tentu saja penjelasannya akan terasa sulit dipahami tanpa pernah mendengar informasi tentang material bangunan rumah sebelumnya.

Berikut ini beberapa informasi terkait material bangunan rumah yang perlu Anda ketahui.

Material Bangunan Rumah

Dalam memilih material bangunan rumah, pastinya kita menginginkan yang terbaik sehingga rumah kita terlihat indah dan kokoh. Maka dari itu, kita harus memilih material bangunan yang bagus dan berkualitas. Sebelum membangun rumah, kita perlu tau apa saja material yang dibutuhkan. Material yang diperlukan untuk membangun rumah antara lain:

Material Bangunan Batu Kali, sumber ig agdhira_onyx
Material Bangunan Batu Kali, sumber ig @agdhira_onyx

1. Batu kali dan Semen

Tahap pertama yang dilakukan dalam membangun rumah ialah membuat pondasi. Batu kali kerap dipilih sebagai bahan pondasi karena lebih kuat dibandingkan bahan pondasi lainnya. Pilihan pengganti untuk membuat pondasi antara lain batu bata, batu putih, dan batu gunung. Dalam membangun rumah juga diperlukan semen. Material ini berfungsi sebagai perekat. Baik dari pembuatan pondasi, dinding rumah, beton, dan lainnya pasti memerlukan semen.

Material Pasir Bangunan, sumber ig joko_aryaputra22
Material Pasir Bangunan, sumber ig @joko_aryaputra22

2. Pasir dan Gamping

Pasir digunakan sebagai campuran semen. Pasir yang memiliki kandungan lumpur sedikit merupakan pasir yang baik dan cocok sebagai bahan pembangunan rumah. Hal tersebut disebabkan karena kandungan lumpur yang ada dalam semen akan menghambat ikatan antara semen dan pasir. Sedangkan, gamping juga digunakan sebagai campuran semen dan pasir, meskipun terkadang gamping tidak digunakan dalam adukan semen dan pasir. Fungsi dari gamping ialah untuk penghemat semen.

Material Batu Bata, sumber ig batubatawelahan
Material Batu Bata, sumber ig @batubatawelahan

3. Batu Kerikil dan Batu Bata Merah

Batu kerikil merupakan batu yang berukuran kecil dan digunakan dalam pembuatan beton. Kerikil yang berkualitas baik ialah kerikil yang keras dan berat. Kerikil sendiri terbuat dari batu besar yang dipecah sampai berukuran kecil. Lalu, ada pula batu bata yang digunakan dalam pembuatan dinding. Batu bata yang baik ialah batu bata yang bertekstur keras, tidak mudah pecah, dan ukurannya sama antara satu bata dengan bata lainnya.

Batako Bangunan, sumber ig tokoabctmg
Batako Bangunan, sumber ig @tokoabctmg

4. Batako dan Kayu

Selain menggunakan batu bata merah dalam pembuatan dinding, batako juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti batu bata merah dalam pembuatan dinding. Batako sendiri terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 8:1. Selanjutnya terdapat material kayu, biasanya digunakan sebagai kuda-kuda atap rumah, reng genteng, kusen pintu jendela, serta lantai atau dinding yang terbuat dari kayu. Kayu berkualitas baik merupakan kayu yang kering. Jika kayu masih basah, maka setelah beberapa bulan pemasangan kayu akan melengkung.

Besi Beton, sumber ig pt_putrabajadeli
Besi Beton, sumber ig @pt_putrabajadeli

5. Besi Beton

Besi Beton adalah besi yang dipakai sebagai kesatuang untuk membuat tiang-tiang penopang dinding rumah. Sehingga tiang penopang ini setidaknya terdiri dari material semen, pasir dan besi beton. Besi beton yang dipakai biasanya berukuran mulai dari 10 mm hingga 12 m. berdasarkan bentuknya, besi beton terdiri dari beberapa macam seperti polos, ulir dan kanal. Sehingga secara keseluruhan sebenarnya besi beton berfungsi sebagai kerangka pada bangunan rumah Anda.

Genteng Bangunan, sumber ig asrigentengbeton
Genteng Bangunan, sumber ig @asrigentengbeton

6. Genteng

Genteng digunakan sebagai atap rumah. Genteng memiliki beberapa tipe, ada yang terbuat dari tanah liat, beton, spandek ataupun genteng metal pasir. Genteng yang terbuat dari tanah liat lebih berat, tetapi akan membuat rumah terasa dingin di siang hari. Untung genteng yang mudah dipasang ialah genteng metal pasir, karena genteng ini lebih ringan dibandingkan genteng lainnya.

Demikian beberapa informasi terkait material bangunan rumah yang perlu Anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi Anda dan menambah wawasan kita semua. Simak informasi lainnya terkait konstruksi bangunan, jasa aplikator epoxy dan jasa anti rayap Jogja di halaman kami.


Leave a Reply