Ada beberapa gedung di dunia yang arsitekturnya terbilang unik dan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona akan keindahannya. Gedung-gedung unik tersebut merupakan salah satu bukti nyata dari hasil kerja keras seorang arsitek. Semakin hari kreativitas dari seorang arsitek mengalami perkembangan yang pesat.

Bangunan unik tersebut digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis atau yang lainnya. Ada yang digunakan sebagai hotel, perkantoran, pusat perbelanjaan, perpustakaan, monumen, dan lain sebagainya. Meskipun terbilang unik, namun di setiap detail arsitektur memiliki makna tersendiri yang dirancang oleh sang arsitek.

Saking uniknya bentuk bangunan yang terlihat membuat masyarakat awam dibuat tercengang. Namun dengan adanya gedung ini membuat sebuah negara menjadi lebih dikenal wisatawan asing. Biasanya wisatawan asing akan datang berkunjung untuk melihat desain unik dari gedung tersebut, karena saking penasarannya.

Berbagai gedung unik di dunia, Sumber: idea.grid.id
Berbagai gedung unik di dunia, Sumber: idea.grid.id

8 Gedung dengan Arsitektur Unik di Dunia

Sebenarnya ada banyak sekali gedung-gedung yang memiliki arsitektur unik dan tersebar diseluruh penjuru dunia. Namun kali ini kita akan membahas beberapa saja dari banyaknya gedung unik di dunia. Berikut beberapa bangunan unik yang perlu Anda ketahui.

1. Bakrie Tower

Bakrie Tower merupakan salah satu bangunan unik di Indonesia. Gedung ini termasuk ke dalam properti yang dimiliki oleh PT Bakrieland Development Tbk. Bangunan ini terletak di Rasuna Epicentrum Jakarta dan memiliki 47 lantai dengan ketinggian 215 m serta luas area yang dijual sebesar 41.407 m2.

Baca juga: Lagi Viral Nih! Konsep Rumah Mezzanine

Bakrie Tower ini digunakan sebagai gedung perkantoran. Lekukan yang ada pada bangunan inilah yang membuatnya terlihat unik. Selain untuk perkantoran, di dalam Bakrie Tower juga terdapat restoran, cafe, dan art gallery.

Bakrie Tower, Sumber: bakrieland.com
Bakrie Tower, Sumber: bakrieland.com

2. Capital Gate

Gedung unik yang ada di dunia selanjutnya ialah Capital Gate. Bangunan ini terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Capital merupakan salah satu gedung pencakar langit yang memiliki desain unik.

Bangunan ini ditopang dengan 490 tiang pancang yang dibor lebih dari 30 meter. Ada 35 jumlah lantai yang ada di Capital Gate. Perlu Anda ketahui bahwa Capital Gate ini memiliki kemiringan 4 kali lipat melebihi menara miring Pisa.

Capital Gate, Sumber: agoda.com
Capital Gate, Sumber: agoda.com

3. Krzywy Domek

Krzywy Domek ini berlokasi di Sopot Polandia. Di dalam bahasa Polandia Krzywy Domek ini memiliki arti “Rumah Bengkok”. Sehingga tidak heran jika bangunan ini memiliki desain yang unik seperti melekuk-lekuk.

Gedung ini dibangun pada tahun 2004 dengan luas sekitar 4.000 meter persegi dan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Bangunan ini dirancang oleh Szotynscy dan Zaleski yang terinspirasi dari gambar sebuah dongeng karya Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Krzywy Domek, Sumber: flickr.com
Krzywy Domek, Sumber: flickr.com

4. Dancing House

Dancing House merupakan salah satu gedung dengan arsitektur unik di dunia. Bangunan ini berlokasi di kota Praha, Republik Ceko. Jika dilihat dari luar, bangunan ini memang sangatlah unik dan menarik perhatian. Bentuk bangunannya seperti meliuk-liuk layaknya penari.

Pada awalnya, bangunan ini menimbulkan beragam kontroversi. Hal ini disebabkan oleh desain yang digunakan berbeda dari gedung-gedung lainnya yang ada di sekitar Praha. Dancing House ini dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Vlado Milunic yang bekerjasama dengan arsitek yang bernama Frank Gehry.

Dancing House, Sumber: laughingsquid.com
Dancing House, Sumber: laughingsquid.com

5. Atomium

Bangunan dengan arsitektur unik selanjutnya ialah Atomium. Monumen dengan tinggi 103 meter ini berlokasi di Brusel, Belgia yang dibangun pada tahun 1958. Awalnya monumen ini hanya didesain untuk berdiri selama 6 bulan. Namun ternyata monumen ini bisa bertahan hingga saat ini.

Atomium memiliki bentuk menyerupai kristal besi yang diperbesar 165 miliar kali. Monumen ini mulai direnovasi ulang pada tahun 2004 dan mulai dibuka kembali untuk umum pada tahun 2006.

Atomium, Sumber: culturalheritageonline.com
Atomium, Sumber: culturalheritageonline.com

6. Piano House

Piano House berlokasi di Huainan, Anhui. Masyarakat setempat menjulukinya sebagai gedung paling romantis di Tiongkok. Bangunan ini dirancang oleh mahasiswa arsitektur dari Hefei University of Technology. Bila di lihat dari depan, Anda akan melihat biola dengan ukuran besar yang terbuat dari kaca transparan.

Selain itu Anda juga akan melihat bangunan yang nampak seperti piano. Pada bagian biola ini menjadi jalur memasuki gedung yang terdapat tangga dan eskalator.

Piano House, Sumber: news.cgtn.com
Piano House, Sumber: news.cgtn.com

7. Kansas City Library Missouri

Gedung dengan arsitektur unik di dunia selanjutnya ialah Kansas City Library Missouri. Perpustakaan unik ini berlokasi di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat. Bangunan unik ini didirikan pada tahun 1873 dan menjadi perpustakaan tertua di Kota Kansas.

Baca juga: Struktur Bangunan Untuk Lahan Gambut

Tidak hanya bagian interiornya saja yang menarik, namun bagian eksteriornya juga didesain unik. Gedung ini didesain seperti bentuk buku yang berjajar. Sehingga dapat menarik perhatian orang-orang sedang melewatinya untuk datang berkunjung.

Kansas City Library Missouri, Sumber: naviri.org
Kansas City Library Missouri, Sumber: naviri.org

8. Wonderworks

Wonderworks termasuk ke dalam gedung dengan arsitektur unik yang ada di dunia. Bangunan ini berada di Amerika Serikat. Jika dilihat dari luar, bangunan unik ini memiliki konsep rumah terbalik.

Bangunan ini bukanlah rumah tinggal melainkan gedung yang digunakan untuk museum. Tidak hanya ada 1 bangunan saja, namun ada beberapa bangunan Wonderworks lainnya yang tersebar di Amerika.

Wonderworks, Sumber: prop2go.co.id
Wonderworks, Sumber: prop2go.co.id

Itulah tadi informasi mengenai berbagai gedung dengan arsitektur unik yang ada di dunia. Tambahan informasi untuk Anda yang sedang mencari jasa waterproofing Jogja, aplikator epoxy Jogja, hingga anti rayap Jogja. Anda bisa langsung menghubungi kami untuk berkonsultasi di kontak yang telah tersedia.

Kami dari PT. Sinergia Bhakti Persada siap melayani berbagai kebutuhan Anda terkait hal tersebut. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya seperti fakta unik rayap atau yang lainnya hanya di laman website kami. Terima kasih telah membaca informasi di atas, semoga bermanfaat. Sampai jumpa!


0 Comments

Leave a Reply